Sukses

Dianggap Ancam Keamanan Nasional, Myanmar Larang TV Satelit

Myanmar mengeluarkan larangan penyiaran tv satelit karena dianggap mengancam keamanan nasional.

Liputan6.com, Yangon - Media Myanmar yang dikendalikan junta mengumumkan larangan penerimaan siaran tv satelit pada Selasa (4 Mei), mengatakan siaran luar mengancam keamanan nasional. Selain itu juga mengeluarkan ancaman akan memenjarakan siapa pun yang tertangkap melanggar aturan tersebut.

Dengan akses internet seluler sebagian besar terputus dalam upaya untuk memadamkan protes anti-junta sejak kudeta 1 Februari, Myanmar semakin tampak kembali ke keadaan isolasi yang mendahului reformasi demokrasi selama satu dekade, lapor Channel News Asia yang dikutip Rabu (5/5/2021).

"Televisi satelit tidak lagi legal. Siapa pun yang melanggar undang-undang televisi dan video, terutama orang yang menggunakan antena parabola, akan dihukum satu tahun penjara dan denda 500.000 kyat (Rp 4,6 juta)," kata televisi pemerintah MRTV.

"Media ilegal menyiarkan berita yang merusak keamanan nasional, supremasi hukum dan ketertiban umum, dan mendorong mereka yang melakukan pengkhianatan."

Dalam menghadapi oposisi yang meluas, junta telah berjuang untuk menegakkan ketertiban sejak menggulingkan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi dan mengakhiri transisi yang tidak stabil menuju demokrasi.

 Iklan Kekerasan telah meningkat sejak kudeta dan pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 760 warga sipil, kata kelompok advokasi Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP). Junta membantah angka tersebut dan mengatakan 24 polisi dan tentara tewas dalam protes tersebut.

Media Myanmar melaporkan bahwa lima orang tewas oleh setidaknya satu bom parsel pada Selasa 4 Mei, termasuk seorang anggota parlemen yang digulingkan dan tiga petugas polisi yang telah bergabung dengan gerakan pembangkangan sipil yang menentang kekuasaan militer.

Saksikan Video Beirkut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentara Myanmar Tidak Berkomentar

Sementara itu, Pasukan Pertahanan Chinland, milisi yang baru dibentuk di negara bagian Chin yang berbatasan dengan India, mengatakan di halaman Facebooknya, pada Selasa 4 Mei 2021 bahwa pasukannya telah menewaskan sedikitnya empat tentara tentara Myanmar dan melukai 10 lainnya dalam bentrokan semalam.

Tentara Myanmar tidak mengomentari klaim tersebut.

Penduduk desa telah menemukan jenazah yang dipenggal dari seorang administrator lokal yang ditunjuk oleh junta di wilayah barat laut Sagaing, penyiar independen DVB melaporkan, sehari setelah pejabat lokal lainnya ditikam hingga tewas di kota terbesar, Yangon.

Para pendukung pro-demokrasi mengadakan protes pada Selasa di kota terbesar kedua di Mandalay, termasuk yang dilakukan oleh staf pendidikan yang menyerukan boikot sekolah dan universitas ketika mereka dibuka kembali pada bulan Juni mendatang, Myanmar Now melaporkan.

Junta mengatakan mereka harus merebut kekuasaan karena keluhannya atas kecurangan dalam pemilihan November yang dimenangkan oleh partai Aung San Suu Kyi tidak ditangani oleh komisi pemilihan yang menganggap pemilu itu adil.

Aung San Suu Kyi telah ditahan sejak kudeta bersama dengan banyak anggota partainya. 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.