Sukses

Partai PM Narendra Modi Kalah Pemilu di Bengal Barat

Pemilu India digelar di tengah tsunami COVID-19. Bengal Barat merupakan daerah yang penting.

Liputan6.com, Kolkata - Partai Perdana Menteri India Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP), gagal memenangkan pemilu di Bengal Barat. Wilayah tersebut adalah target vital, namun berhasil dipertahankan oleh oposisi. 

Laporan BBC, Senin (3/5/2021), pemenang di Bengal Barat adalah partai All India Trinamool Congress (AITC) yang merupakan rumah dari Mamata Banerjee, sosok yang gencar mengkritik PM Modi.

Ada lima negara bagian yang ikut pesta pemilu yang digelar akhir Maret-April 2021, yakni Assam, Kerala, Puducherry, Tamil Nadu, dan Bengal Barat. Pemilu ini untuk memilih anggota parlemen.

Berdasarkan data ECI via Nielsen, BJP hanya menang besar di negara bagian Assam dengan 60 kursi. Jumlah itu belum cukup untuk merah mayoritas 64 kursi.

Di Bengal Barat, AITC menang 213 kursi dan partai Modi meraih 77 kursi. AITC menjadi mayoritas.

AITC dipimpin oleh politisi wanita Mamata Banerjee. Ia berjanji akan berusaha menuntaskan COVID-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Tengah Tsunami COVID-19

Kampanye akbar yang digelar di pemilihan ini disinyalir ikut menjadi penyebab lonjakan kasus COVID-19 di India. 

Komisi Pemilu India melarang pesta kemenangan di daerah-daerah itu usai diterjang kritikan karena membiarkan adanya kampanye masif di tengah gelombang kedua COVID-19.

Pengadilan Tinggi Madras, ibu kota Tamil Nadu, bahkan menyebut Komisi Pemilu harus dijerat pasal pembunuhan karena membiarkan pelanggaran protokol. Pihak komisi lantas mengadu ke tingkat pengadilan yang lebih tinggi karena tersinggung atas komentar Madras.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, ada 19,5 juta kasus COVID-19 di India.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.