Sukses

Erdogan Kecam Pengakuan Joe Biden Atas Genosida Armenia

Presiden Turki mengatakan pernyataan Joe Biden membuka 'luka mendalam' dalam hubungan bilateral antara sekutu NATO.

Liputan6.com, Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam pengakuan Presiden Amerika Serikat Joe Biden atas genosida Armenia sebagai "tidak berdasar" dan berbahaya bagi hubungan bilateral.

Menurut Aljazeera, deklarasi bersejarah Joe Biden pada hari Sabtu membuat marah sekutu AS di NATO, Turki, yang mengatakan pengumuman itu telah membuka "luka mendalam" dalam hubungan yang telah tegang karena sejumlah masalah.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Senin, Erdogan mengatakan "langkah yang salah" akan menghalangi hubungan dan mengatakan Turki masih berusaha untuk membangun hubungan "bertetangga yang baik" dengan Armenia.

"Presiden AS telah membuat komentar yang tidak berdasar dan tidak adil," kata Erdogan.

“Kami yakin bahwa komentar-komentar ini dimasukkan dalam deklarasi tersebut menyusul tekanan dari kelompok radikal Armenia dan kalangan anti-Turki. Tetapi situasi ini tidak mengurangi dampak destruktif dari komentar-komentar ini. "

Bangsa Armenia - didukung oleh sejarawan dan cendekiawan - mengatakan 1,5 juta rakyat mereka tewas dalam "genosida" yang dilakukan di bawah Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I.

Ankara menerima bahwa baik orang Armenia maupun Turki tewas dalam jumlah besar saat pasukan Ottoman melawan Tsar Rusia.

Tetapi Turki dengan keras menyangkal kebijakan genosida yang disengaja dan mencatat bahwa istilah tersebut belum didefinisikan secara hukum pada saat itu.

Biden mencoba meredam kemarahan Turki yang diharapkan dengan menelepon Erdogan untuk pertama kalinya sejak menjabat pada Januari 2021.

Kedua pemimpin sepakat dalam panggilan telepon Jumat untuk bertemu di sela-sela KTT NATO pada Juni.

Namun Erdogan mengatakan pada hari Senin bahwa Biden perlu "untuk bercermin" ketika menyebut peristiwa berusia seabad itu sebagai genosida.

“Penduduk asli Amerika, saya bahkan tidak perlu menyebutkan mereka, apa yang terjadi sudah jelas,” katanya, mengacu pada perlakuan terhadap penduduk asli Amerika oleh pemukim Eropa.

"Sementara semua kebenaran ini ada di luar sana, Anda tidak bisa menyematkan tuduhan genosida pada orang-orang Turki."

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Tegang Antara Kedua Negara

"Dinamika itu telah berubah. Perasaan di AS adalah akibat dari tindakan Turki, bukan tindakan AS yang menghasilkan deklarasi ini,” kata Halkett.

Dia menambahkan bahwa pemerintah AS memandang Turki sebagai mitra NATO tetapi percaya bahwa Turki tidak selalu membalas.

Pernyataan Joe Biden datang pada saat Ankara dan Washington berjuang untuk memperbaiki hubungan, tegang ketika Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia , yang mengakibatkan sanksi AS, perbedaan kebijakan di Suriah dan masalah hukum.

Erdogan mengatakan dia berharap untuk "membuka pintu untuk periode baru" dalam hubungan dan membahas semua perselisihan dengan Biden di KTT NATO pada bulan Juni, tetapi memperingatkan bahwa hubungan akan memburuk lebih lanjut kecuali sekutu dapat memecah-belah masalah.

"Kami sekarang perlu mengesampingkan ketidaksepakatan kami dan melihat langkah apa yang dapat kami ambil mulai sekarang, jika tidak kami tidak akan punya pilihan selain melakukan apa yang diminta oleh tingkat hubungan kami jatuh pada 24 April," katanya.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.