Sukses

Dubes Myanmar untuk PBB Desak Zona Larangan Terbang Akibat Banyak Pendemo Tewas

Liputan6.com, New York - Duta Besar Myanmar untuk PBB telah menyerukan zona larangan terbang dan sanksi, menyusulkomunitas internasional memberikan lebih banyak tekanan kepada pemerintah militer untuk mengakhiri tindakan keras yang mematikan dan memulihkan demokrasi, dan ketika korban tewas terus meningkat dengan puluhan lainnya dilaporkan tewas pada dini hari Sabtu

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa memohon tindakan pada pertemuan pada hari Jumat Dewan Keamanan PBB di mana KTT Asia Tenggara tentang krisis sedang terbentuk, tetapi kepemimpinan militer tetap menentang dan menolak masuk ke utusan khusus PBB.

Duta Besar Kyaw Moe Tun, yang telah dengan penuh semangat menolak kudeta 1 Februari dan mengesampingkan klaim militer bahwa dia tidak lagi mewakili Myanmar, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa telah terjadi "kurangnya tindakan yang memadai dan kuat" meskipun ratusan kematian, termasuk anak-anak.

"Tindakan kolektif dan kuat Anda diperlukan segera," kata Kyaw Moe Tun, dalam sambutan virtual saat ia duduk di depan bendera Myanmar dan PBB, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (10/4/2021).

"Saya sangat percaya bahwa komunitas internasional, khususnya Dewan Keamanan PBB, tidak akan membiarkan kekejaman ini terus terjadi di Myanmar."

Duta besar menyerukan zona larangan terbang untuk "menghindari pertumpahan darah lebih lanjut yang disebabkan oleh serangan udara militer di daerah sipil."

Dia juga meminta embargo senjata internasional dan pembekuan rekening bank yang terkait dengan anggota militer dan keluarga mereka.

Semua investasi langsung asing juga harus ditangguhkan sampai pemulihan pemerintahan yang dipilih secara demokratis, kata duta besar.

Akan tetapi, China dan Rusia memegang kekuasaan veto di Dewan Keamanan PBB dan umumnya menentang sanksi internasional, meskipun Beijing - sekutu teratas militer Myanmar - telah menyuarakan meningkatnya kekhawatiran tentang ketidakstabilan di tetangganya.

Seruan diplomat itu muncul ketika muncul laporan tentang tindakan keras yang lebih mematikan di negara itu, dengan setidaknya 60 warga sipil tewas pada Jumat malam dan hingga Sabtu pagi selama protes di divisi Bago di luar kota terbesar Myanmar, Yangon.

Menurut Radio Free Asia, warga sipil dilaporkan ditembak menggunakan amunisi hidup ketika pasukan keamanan mulai membongkar barikade yang didirikan oleh para demonstran. Beberapa orang juga dilaporkan diambil oleh polisi tanpa surat perintah penangkapan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Tewas

Setidaknya 618 warga sipil telah tewas dalam tindakan keras militer atas protes dan hampir 3.000 ditangkap, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik pada hari Jumat.

Korban tewas tidak termasuk diperkirakan 60 orang tewas di Bago dalam semalam dan hingga Sabtu.

Pejabat hak-hak PBB mengatakan militer membuat peningkatan penggunaan persenjataan berat termasuk granat yang didorong roket dan fragmentasi, senapan mesin berat dan penembak jitu.

Militer bersikeras itu menanggapi secara proporsional dengan apa yang dikatakannya adalah demonstran kekerasan.

Sementara itu, 19 orang telah dijatuhi hukuman mati karena diduga membunuh rekan kapten tentara, stasiun TV Myawaddy milik militer mengatakan pada hari Jumat, kalimat-kalimat seperti pertama yang diumumkan di depan umum sejak kudeta.

Laporan itu mengatakan pembunuhan itu terjadi pada 27 Maret di distrik Okkalapa Utara yangon, kota terbesar di Myanmar. Hukum bela diri telah dinyatakan di distrik, memungkinkan pengadilan militer untuk mengucapkan hukuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.