Sukses

Anjing Joe Biden Menggigit, Gedung Putih Tetap Menyayangi

Liputan6.com, D.C - Anjing Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Major (3), kembali ditempatkan di rumah khusus anjing menyusul tingkah berulangnya yang menggigit manusia hingga membutuhkan perhatian medis.

Major si German Shephard dilaporkan menggigit seorang karyawan National Park Service di Halaman Selatan Gedung Putih pada Senin 31 Maret 2021 sore waktu setempat, kata Sekretaris Pers Ibu Negara AS Jill Biden, Michael La Rosa kepada ABC News dalam sebuah pernyataan, Selasa 1 April 2021.

La Rosa menjelaskan bahwa luka yang dialami karyawan tersebut tidak serius. Ia disebut telah kembali bekerja "tanpa cedera" kata LaRosa, dikutip dari ABC News, Minggu (3/4/2021).

"Major masih menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya," tambah LaRosa yang mungkin menjelaskan alasan hewan itu bersikap agresif.

Major si Anjing, yang diadopsi dari Delaware Humane Association oleh Bidens pada 2018, terlibat dalam insiden menggigit terpisah pada 8 Maret yang menyebabkan "cedera ringan" pada seorang individu hingga harus mendapatkan perawatan medis dari Gedung Putih, menurut Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki.

Psaki menambahkan bahwa Major "kaget oleh orang yang tidak dikenal."

Psaki tidak mengidentifikasi individu atau memberikan rincian lebih lanjut pada saat itu, tetapi CNN melaporkan itu adalah karyawan Secret Service.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan ABC News, Biden membela pendamping anjingnya dan mengatakan Major menerima pelatihan tambahan di rumah keluarga mereka di Delaware. "Dengar, Major adalah anak anjing penyelamat," kata presiden. "Major tidak menggigit seseorang dan menembus kulit."

Biden menyebut bahwa anjing itu bersikap 'berlebihan' karena tidak biasa dengan kehadiran orang asing di sekitarnya.

Major dan German Shephard milik Biden lainnya, Champ (12), bergabung bersama keluarga kepresidenan di rumah dinas Gedung Putih Washington DC tepat setelah pelantikan presiden ke-46 AS itu.

"Apa yang juga mengejutkan saya adalah dengan tinggal di Gedung Putih itu. Setiap pintu yang Anda buka, ada pria bersetelan hitam," kata Biden.

"Kamu pergi ke sudut ruangan lain, ada orang yang tak Anda kenal sama sekali."

"Dan dia (si anjing) bergerak untuk melindungi (saya)," Biden merujuk ke Major. "Tapi dia anjing yang manis dan 85% orang-orang di Gedung Putih menyayangi-nya," lanjut presiden AS itu.

Major terlihat berjalan-jalan dengan anggota staf Gedung Putih di Halaman Selatan pada Senin 31 Maret 2021 malam, sebelum Biden berangkat untuk kunjungannya ke Peringatan Perang Vietnam. Anjing itu diikat.