Sukses

Finlandia Kembali Masuk Peringkat Negara Paling Bahagia di Dunia

Liputan6.com, Helsinki - Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut, dalam laporan tahunan yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Laporan Kebahagiaan Dunia, atau World Happiness Report itu menempatkan Denmark di posisi kedua, kemudian diikuti oleh Swiss, Islandia, dan Belanda, seperti dilansir BBC, Sabtu (20/3/2021).

Selandia Baru juga kembali menjadi satu-satunya negara non-Eropa yang masuk 10 besar.

Sementara Inggris, turun dari posisi 13 ke 17.

Data dari peneliti analitik Gallup, meminta orang-orang di 149 negara untuk menilai kebahagiaan mereka sendiri.

Langkah-langkah itu termasuk dukungan sosial, kebebasan pribadi, produk domestik bruto (PDB), dan tingkat korupsi juga diperhitungkan.

Negara yang dianggap paling tidak bahagia di dunia adalah Afghanistan, diikuti oleh Lesotho, Botswana, Rwanda, dan Zimbabwe.

Menurut penulis laporan, adanya "frekuensi emosi negatif yang lebih tinggi secara signifikan" di lebih dari sepertiga negara - kemungkinan merujuk pada efek pandemi Virus Corona COVID-19.

Namun, segalanya menjadi lebih baik untuk 22 negara. Beberapa negara Asia dikatakan mendapati nasib lebih baik dibandingkan tahun lalu, sementara China naik ke posisi 84 dari 94.

"Yang mengejutkan, adalah secara rata-rata, tidak ada penurunan kesejahteraan ketika diukur dengan evaluasi individu terhadap kehidupan mereka," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan itu, dalam pernyataannya.

"Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa orang melihat COVID-19 sebagai ancaman umum dari luar yang mempengaruhi semua orang dan ini telah menghasilkan rasa solidaritas dan perasaan sesama yang lebih besar," tambahnya.

2 dari 4 halaman

Deretan 10 Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia berada di "peringkat sangat tinggi dalam ukuran saling percaya yang telah membantu melindungi kehidupan dan mata pencaharian selama pandemi", kata para penulis.

Negara dengan penduduk 5,5 juta orang tersebut telah berhasil dan dinilai jauh lebih baik daripada mayoritas negara Eropa selama pandemi, dengan lebih dari 70.000 kasus dan 805 kematian akibat Virus Corona COVID-19, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Laporan itu membeberkan sepuluh negara paling bahagia di dunia, yang di antaranya adalah:

Finlandia

Denmark

Swiss

Islandia

Belanda

Norway

Swedia

Luksemburg

Selandia Baru

Austria

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: