Sukses

Bahas Soal Nuklir, Korea Utara Tolak Ajakan Amerika Serikat untuk Diskusi

Korea Utara mengatakan pihaknya akan mengabaikan ajakan Amerika Serikat untuk melakukan diskusi.

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara mengatakan pada Kamis (18/3), pihaknya akan mengabaikan tawaran AS untuk pembicaraan kecuali jika itu menarik kebijakan permusuhannya. Pernyataan tersebut diumumkan setelah Washington menghubungi Pyongyang dalam upaya untuk melanjutkan negosiasi nuklir.

Pernyataan dari Choe Son-hui, wakil menteri luar negeri pertama, datang beberapa jam sebelum kepala pertahanan dan luar negeri AS dan Korea Selatan bertemu di Seoul untuk pembicaraan bersama pertama mereka dalam lima tahun untuk membahas program nuklir Korea Utara.

"Apa yang telah didengar dari AS sejak kemunculan rezim baru hanyalah teori gila tentang 'ancaman dari Korea Utara' dan retorika tak berdasar tentang 'denuklirisasi lengkap'," kata Choe, menyebut tawaran untuk pembicaraan sebagai alat "penundaan waktu yang menipu", demikian seperti melansir Channel News Asia, Kamis (18/3/2021).

"Kami telah menyatakan pendirian kami bahwa tidak ada kontak dan dialog apapun yang dapat dilakukan antara Korea Utara dan AS kecuali AS membatalkan kebijakan bermusuhannya terhadap (Korea Utara). Oleh karena itu, kami juga akan mengabaikan upaya seperti itu dari AS di masa mendatang," tegasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perselisihan AS-Korea Utara

Pimpinan diplomasi AS yang berfokus pada senjata nuklir Korea Utara tetap menemui jalan buntu selama sekitar dua tahun karena perselisihan mengenai sanksi yang dipimpin AS.

Para ahli memperdebatkan apakah Amerika Serikat dan sekutunya harus menyetujui kesepakatan yang akan membekukan kegiatan nuklir Korea Utara dengan imbalan melonggarkan sanksi untuk mencegah persenjataannya tumbuh.

Awal pekan ini, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang berkuasa mengancam akan meninggalkan hubungan baik dengan Korea Selatan dan memperingatkan Amerika Serikat untuk "menahan diri agar tidak menimbulkan bau," sambil mengkritik latihan militer rutin AS-Korea Selatan yang dipandang oleh pemerintahnya sebagai latihan invasi.

Choe kembali mempermasalahkan latihan yang diselenggarakan bulan ini, dengan mengatakan bahwa Amerika Serikat "secara terbuka memulai latihan militer gabungan yang berpikiran agresi yang menargetkan kami".

Beberapa ahli mengatakan Korea Utara, yang ingin memenangkan keringanan sanksi, dapat lebih meningkatkan permusuhan dengan uji coba rudal untuk meningkatkan pengaruhnya dalam setiap negosiasi dengan Amerika Serikat.

Perekonomian Korea Utara yang hampir mati berada di bawah tekanan tambahan karena penutupan perbatasan terkait pandemi yang telah secara signifikan menyusut perdagangan luar negerinya dan serentetan bencana alam musim panas lalu.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, selama kunjungan ke Tokyo awal pekan ini bahwa Washington telah menjangkau Korea Utara melalui beberapa saluran, termasuk di New York, mulai pertengahan Februari, tetapi belum menerima tanggapan apa pun.

Dia mengatakan pemerintahan Biden berharap untuk menyelesaikan tinjauan kebijakannya di Korea Utara dalam beberapa minggu mendatang dan melihat kemungkinan "langkah-langkah tekanan tambahan" dan "jalur diplomatik".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.