Sukses

Setelah Belanda, Kini Swedia Ikut Tangguhkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca

AstraZeneca, yang didirikan melalui merger antara perusahaan Inggris dan Swedia, telah dihentikan sementara penggunaannya oleh sejumlah negara Eropa.

Liputan6.com, Stockholm - Swedia menghentikan vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan masalah kesehatan pada warganya.

Dikutip dari laman DW.com, Selasa (16/3/2021) hal tersebut disampaikan secara resmi oleh badan kesehatan negara di Swedia.

AstraZeneca, yang didirikan melalui merger antara perusahaan Inggris dan Swedia, telah dihentikan sementara penggunaannya oleh sejumlah negara Eropa di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang kemungkinan efek samping yang serius.

Jerman, Prancis, dan Italia mengatakan pada Senin 15 Maret bahwa mereka akan menghentikan sementara pemberian vaksin COVID-19 AstraZeneca.

Sebelum Swedia, Belanda telah menjadi negara terbaru yang menangguhkan penggunaan vaksin virus Corona COVID-19 produksi Oxford-AstraZeneca, demikian dikutip dari laman BBC.

Otoritas Belanda mengatakan langkah tersebut akan berlangsung setidaknya hingga 29 Maret sebagai tindakan pencegahan.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Negara Lain

Irlandia sebelumnya membuat keputusan serupa atas laporan peristiwa pembekuan darah pada orang dewasa di Norwegia.

Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tidak ada hubungan antara jab dan peningkatan risiko pembentukan gumpalan.

Badan Obat Eropa (European Medicines Agency / EMA) - yang saat ini sedang melakukan peninjauan terhadap insiden penggumpalan darah - mengatakan bahwa manfaat dari vaksin tersebut melebihi risikonya.

Selain Belanda, ada pula Denmark, Norwegia, Bulgaria, Islandia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.