Sukses

Vaksinasi, Imunisasi hingga Inokulasi, Ini Perbedaannya

Vaksinasi, imunisasi, inokulasi: apa perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mungkin mempertanyakan apa perbedaan dari vaksin, imunisasi, dan inokulasi karena menurut orang awam ketiga hal ini adalah hal yang mirip.

Kembali ke abad ke-15, kata inokulasi mengacu pada pencangkokan tunas atau bagian tanaman lain ke tanaman terpisah untuk membudidayakan tanaman baru itu.

Ini berasal dari kata kerja Latin inoculāre, yang berarti mencangkok atau menanam, yang berasal dari kata benda Latin untuk mata atau kuncup oculus.

Seiring waktu, orang mulai menggunakannya untuk hampir semua implan, jadi ketika para dokter Inggris mulai bereksperimen dengan menanamkan patogen cacar pada pasien yang tidak terpengaruh pada abad ke-18, masuk akal untuk menyebutnya inokulasi.

Prosesnya, yang telah lama dipraktikkan di Afrika dan Asia, melibatkan pemindahan sebagian lepuh cacar ke luka terbuka pada orang yang sehat, sehingga sistem kekebalan mereka dapat mempelajari cara menangkis penyakit tanpa kewalahan.

Karena variola adalah virus yang menyebabkan cacar, inokulasi kadang-kadang juga disebut variolation.

 

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Mula Vaksin

Kemudian, pada tahun 1790-an, seorang dokter Inggris bernama Edward Jenner mempopulerkan teori, yang sudah dikenal di antara banyak peternak sapi perah, bahwa paparan cacar sapi juga dapat membuat orang terhindar dari cacar.

Karena virus yang menyebabkan cacar sapi dikenal sebagai vaksinia (dari vacca, kata Latin untuk sapi), Jenner menamakan proses inokulasi orang dengan jejak vaksinasi cacar sapi.

Dengan kata lain, kata vaksin mula-mula hanya merujuk pada suntikan cacar sapi yang melindungi dari cacar.

Tetapi ketika inokulasi diperluas untuk mencakup penyakit di luar cacar, kata-kata inokulasi dan vaksinasi serta turunannya juga meluas.

Pada awal abad ke-20, orang-orang menyebutnya sebagai referensi untuk segala hal mulai dari antraks hingga demam.

Karena inokulasi pada awalnya khusus untuk mentransfer materi patogen melalui lesi kulit, bukan menyuntikkannya melalui jarum, semprotan hidung, dll, terkadang masih digunakan dalam pengertian tersebut.

Tetapi memberi tahu seseorang bahwa diinokulasi dengan jarum tidaklah salah, menurut standar modern.

Sementara vaksinasi hanya digunakan untuk mendeskripsikan proses yang dimaksudkan untuk melindungi dari penyakit, inokulasi memiliki definisi yang sedikit lebih luas.

Seperti yang ditunjukkan oleh Verywell Health, menginokulasi kultur dengan sampel air liur hanya untuk melihat apakah ada patogen tertentu.

3 dari 4 halaman

Kekebalan Tubuh Melalui Imunisasi

Meskipun imunisasi sering digunakan sebagai sinonim untuk vaksinasi atau inokulasi, lebih akurat mengacu pada apa yang terjadi setelahnya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ini adalah proses di mana seseorang menjadi terlindungi dari penyakit melalui vaksinasi.

Singkatnya, vaksinasi adalah prosedur di mana benar-benar menerima vaksin, dan imunisasi adalah proses di mana membangun sistem kekebalan dan membuat seseorang terhindar dari penyakit.

 

Reporter: Veronica Gita

4 dari 4 halaman

Infografis Orang Tak Divaksin 3 Kali Lebih Berisiko Terpapar Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.