Sukses

Tanggapi Kudeta Militer dengan Tegas, Joe Biden Bekukan Akses Aset Jenderal Myanmar

Presiden AS Joe Biden menyatakan pemerintahannya mengambil tindakan terhadap militer Myanmar termasuk membekukan akses ke aset yang berbasis di AS.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan bahwa pemerintahannya mengambil tindakan terhadap militer Myanmar dengan membekukan akses ke aset yang berbasis di AS. 

Menyusul kudeta militer yang terjadi di Myanmar, Biden mendesak para jenderal negara itu untuk melepaskan kekuasaan.

"Hari ini saya kembali menyerukan kepada militer Burma untuk segera membebaskan para pemimpin politik demokratis dan aktivis yang mereka tangkap termasuk Aung San Suu Kyi dan juga Presiden Win Myint," kata Biden dalam pernyataannya menyusul kudeta di Myanmar pekan lalu.

"Militer harus melepaskan kekuasaan," jelas Biden, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (11/2/2021).

Biden juga mengatakan bahwa pemerintahannya memutus akses dana terhadap para jenderal militer Myanmar sebesar US$ 1 miliar di AS dan akan segera mengeluarkan sanksi baru.

"Saya telah menyetujui perintah eksekutif baru yang memungkinkan kita untuk segera memberikan sanksi kepada para pemimpin militer yang mengarahkan kudeta, kepentingan bisnis mereka serta anggota keluarga dekat," terangnya. 

Dikatakan juga bahwa pemerintahan Biden akan mengidentifikasi target putaran pertama di bawah sanksi pekan ini.

Selain itu, Biden menegaskan kembali bahwa AS tidak akan mengekang bantuan ke Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma, yang ditujukan kepada masyarakat sipil atau kelompok kemanusiaan.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukum AS Larang Bantuan ke Pemerintah yang Lakukan Kudeta

Hukum AS melarang bantuan kepada pemerintah yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta, meskipun hampir semua pendanaan AS ke Myanmar disalurkan melalui kelompok non-pemerintah.

Para jenderal tertinggi termasuk panglima militer yang memimpin kudeta di Myanmar, termasuk Min Aung Hlaing, dilaporkan sudah berada di bawah sanksi perjalanan dan keuangan oleh AS atas kampanye brutal terhadap sebagian besar kalangan Muslim Rohingya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price menyatakan bahwa AS masih dapat meningkatkan tekanan lebih lanjut terhadap para jenderal Myanmar dengan mengoordinasikan tindakannya dengan sekutunya.

"Kami dapat menjatuhkan biaya yang bahkan lebih curam dengan bekerja sama bersama mitra dan sekutu yang berpikiran sama," kata Price.

3 dari 3 halaman

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.