Sukses

6 Makanan yang Harus Anda Hindari untuk Mencegah Kulit Rentan Keriput

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa camilan sehat dan cepat favorit Anda, seperti buah-buahan kering, sebenarnya bisa merusak kesehatan kulit kita dan membuat kita menua lebih cepat.

Ini karena beberapa bahan yang tidak terlalu bagus terkandung di dalamnya, seperti gula, natrium (garam-garaman), dan sulfat dalam jumlah besar yang dapat berdampak negatif pada tubuh kita dengan mendehidrasinya atau melemahkan kolagen kulit.

Seperti dikutip dari Brightside, Minggu (24/1/2021), berikut makanan yang harus dihindari jika Anda ingin menjaga kulit Anda semuda dan bebas racun mungkin:

1. Sup Kaleng

Ini karena sup kalengan sarat dengan natrium. Natrium sebenarnya menyerap air dalam tubuh kita, membuat kita lebih dehidrasi daripada sebelumnya. Faktanya, kaleng sup rata-rata mungkin mengandung lebih dari porsi natrium harian yang kami rekomendasikan.

Karena tingginya kadar natrium, makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa lebih dehidrasi. Ini dapat mempengaruhi kulit karena menjadi lebih kering dan lebih rentan terhadap keriput.

2 dari 7 halaman

2. Minuman Berenergi

Meskipun minuman ini bisa sangat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan dorongan energi ekstra, mereka mungkin benar-benar merusak kulit Anda. Ini karena mereka penuh dengan gula dan kafein,yang keduanya buruk bagi kulit Anda.

Tingginya jumlah gula dapat mempengaruhi kesehatan kolagen Anda, sementara kafein akan dehidrasi Anda dan kulit Anda. Ini membuat kulit Anda rentan terhadap kerusakan dan keriput.

3 dari 7 halaman

3. Makanan yang Digoreng

Mereka tidak hanya buruk bagi kesehatan kita, tetapi mereka juga membuat kita terlihat lebih tua. Ini karena makanan yang telah digoreng meningkatkan senyawa peradangan dalam tubuh kita. Ini berarti bahwa mereka mengiritasi tubuh kita dan dapat mengobarkan kulit kita, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan eksternal dari matahari, yang dapat membuatnya keriput.

4 dari 7 halaman

4. Buah-buahan Kering

Camilan lezat ini sebenarnya dapat menyebabkan kulit yang terlihat lebih tua karena penuh dengan sulfat. Sulfat penting untuk melestarikan buah-buahan, tetapi mereka juga meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas ini merusak sel, DNA, dan protein kita, yang menyebabkan penuaan dini dalam bentuk keriput saat mereka menyerang kolagen.

5 dari 7 halaman

5. Margarin atau Mentega Nabati

Itu pertama kali dianggap lebih sehat daripada mentega hewani (dari susu), tetapi pada kenyataannya, ia memiliki lemak tak jenuh berbahaya di dalamnya. Makan terlalu banyak margarin dapat merusak kulit Anda karena lemak ini, membuatnya terasa kering dan terlihat lebih keriput. Namun, bisa baik-baik saja untuk makan margarin yang rendah lemak jenuh dan tidak memiliki lemak trans selama Anda hanya memiliki sedikit.

6 dari 7 halaman

6. Yoghurt Manis Berperisa

Suguhan kecil yang lezat ini tidak bermanfaat seperti yang mungkin pertama kali muncul. Ini karena ada sejumlah besar gula yang tersembunyi di dalam pot kecil ini. Ketika kita memakannya, gula ini meraih dan memecahkan asam amino dalam kolagen dan elastin. Kerusakan ini dapat menyebabkan kulit kita terlihat keri dan kendor seiring bertambahnya usia.

7 dari 7 halaman

Simak video pilihan berikut: