Sukses

Jelang Dilantik, Biden-Harris Ikuti Pelayanan Masyarakat Sambut Hari Martin Luther King Jr

Dua hari menjelang pelantikan, Joe Biden dan Kamala Harris ikut serta dalam pelayanan menyambut hari Martin Luther King Jr.

Liputan6.com, Washington D.C- Dua hari menjelang dilantik, Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris ikut serta dalam pelayanan masyarakat di hari Martin Luther King Jr. 

Dilansir Channel News Asia, Selasa (19/1/2021) Biden dan istrinya, Jill Biden, turut bergabung dalam suatu acara di tempat parkir Philabundance - sebuah organisasi yang mendistribusikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Keduanya juga dilaporkan ikut serta membantu mengisi sekitar 150 kotak makan dengan buah segar. 

Sementara itu, Harris mengungkapkan bahwa dirinya "sangat menantikan untuk dilantik".

Harris, yang juga menyambut hari peringatan Martin Luther King Jr, ikut serta menjadi sukarelawan di sebuah tempat penyaluran bantuan makanan.

"Saya akan berjalan (saat pelantikan), ke momen itu, dengan bangga dengan kepala terangkat dan bahu saya ke belakang," ujar Harris kepada wartawan. 

Para pejabat transisi Biden, termasuk calon penasihat Keamanan Dalam Negeri, Liz Sherwood-Randall dan calon Wakil Jaksa Agung AS, Lisa Monaco, mengadakan video conference dengan penjabat kepala dan staf dari badan keamanan nasional.

Video conference itu digelar untuk membahas situasi keamanan pada hari pelantikan Biden-Harris. 

Sementara itu, ketika Biden dan Harris menjalani rehat sebelum hari pelantikan mereka dan menyambut hari peringatan Martin Luther King Jr, Presiden AS Donald Trump dilaporkan tidak terlihat di Gedung Putih selama enam hari.

Dalam beberapa tahun terakhir, Trump menyambut hari libur nasional AS itu dengan melakukan kunjungan ke tugu peringatan Martin Luther King Jr di Washington. 

Namun kali ini, kunjungan itu tampaknya tidak terjadi, mengingat upaya penjagaan keamanan menjelang hari pelantikan Biden-Harris. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penutupan dan Upaya Keamanan Jelang Pelantikan Biden-Harris

Sementara itu, Kepolisian Capitol AS pada Senin (18/1) secara singkat mengunci kompleks gedung Capitol dan menghentikan gladi resik pelantikan Biden-Haris.

Langkah tersebut dilakukan setelah kebakaran terjadi di sebuah kamp tunawisma yang berlokasi dekat komplek Capitol.

Pada saat itu, otoritas Washington juga mendesak staf yang bekerja di dalam kompleks Capitol untuk menjauhi jendela luar dan orang-orang yang berada di luar gedung untuk berlindung karena larangan masuk dan keluar yang diberlakukan sebagai upaya keamanan.

Namun warga Washington tetap waspada dan kawasan kota yang juga terasa sunyi, dengan sebagian besar area di sekitar Capitol, Gedung Putih, dan National Mall ditutup oleh pihak berwenang.

Diketahui bahwa sekitar 25.000 pasukan Garda Nasional telah dikerahkan ke seluruh Ibu Kota Washington D.C untuk meningkatkan keamanan.

Seluruh monumen, termasuk tugu peringatan Martin Luther King Jr, juga ditutup untuk umum sampai acara pelantikan Biden-Harris pada 20 Januari usai. 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.