Sukses

Kamala Harris Bakal Disuntik Dosis Pertama Vaksin COVID-19

Selang seminggu lebih setelah Joe Biden, kini Kamala Harris menyusul menerima suntikan vaksin Virus Corona COVID-19 dosis pertama.

Liputan6.com, Washington D..C - Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dijadwalkan menerima dosis pertama vaksin COVID-19 pada Selasa 29 Desember 2020 waktu setempat. Demikian menurut tim transisi Joe Biden.

Seorang pejabat transisi mengatakan kepada CNN, Kamala Harris akan diberikan vaksin dan disiarkan langsung dari Washington, DC. Pejabat itu mengatakan suami Harris, Doug Emhoff, juga akan menerima vaksin pada hari Selasa.

Vaksinasi wakil presiden AS terpilih ini lebih dari satu minggu setelah Presiden terpilih Joe Biden disuntik vaksin Virus Corona COVID-19, dan ditayangkan langsung di televisi nasional. Setelah mendapatkan suntikan, Biden meyakinkan orang Amerika tentang keamanan vaksin dan mendesak mereka untuk divaksinasi segera, setelah suntikan tersedia bagi mereka.

Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, didampingi istrinya Jill Biden, menggulung lengan bajunya untuk menerima dosis pertama vaksin virus corona corona Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware, Senin (21/12/2020). (AP Photo/Carolyn Kaster)

Joe Biden dan Kamala Harris menjalani vaksinasi mereka atas rekomendasi ahli medis, menurut juru bicara transisi Jen Psaki. Alasan rekomendasi semacam itu, agar jika Biden dan Harris melaporkan efek samping apa pun, seperti sakit kepala atau demam, mereka tidak akan mengalaminya pada hari yang sama.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk dua vaksin Virus Corona COVID-19: satu dari Pfizer-BioNTech dan lainnya buatan Moderna.

Baik Moderna dan vaksin Pfizer-BioNTech telah menunjukkan tingkat kemanjuran yang hampir sama yaitu hampir 95%. Kedua vaksin COVID-19 tersebut memerlukan dua dosis yang diberikan dengan jarak beberapa minggu.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donald Trump Dianjurkan Vaksinasi COVID-19

Spesialis penyakit menular terkemuka di negara itu, Dr. Anthony Fauci, mengatakan kepada ABC awal bulan ini bahwa dia sangat menganjurkan agar Biden dan Harris diinokulasi sesegera mungkin. Dan pada Minggu 27 Desember, dia mengulangi rekomendasinya agar Presiden Donald Trump menerima vaksin.

Wakil Presiden Mike Pence diberikan vaksin pada acara di depan kamera seminggu sebelum Biden. Dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech diberikan kepada petugas kesehatan pada minggu yang sama saat Pence menerima suntikannya.

Pakar kesehatan top Amerika Serikat, Anthony Fauci menerima suntikan vaksin COVID-19. (Photo credit: Patrick Semansky POOL/AFP)Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence (kiri) menerima suntikan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech di Gedung Putih, Washington, Jumat (18/12/2020). Pence menyebutkan bahwa dirinya tidak merasakan apa-apa usai menerima vaksin COVID-19. (AP Photo/Andrew Harnik)

Donald Trump belum menerima vaksin dan tidak akan diberikan sampai direkomendasikan oleh tim medis Gedung Putih, seorang pejabat Gedung Putih sebelumnya mengatakan kepada CNN. Pejabat itu mengatakan pada saat itu bahwa Trump masih menerima manfaat dari koktail antibodi monoklonal yang diberikan kepadanya setelah dia dinyatakan positif COVID-19 musim gugur ini, tetapi Presiden kemungkinan akan mendapatkan suntikannya setelah direkomendasikan oleh tim medisnya.

Dalam panduan klinis untuk vaksin Virus Corona COVID-19 yang diotorisasi untuk penggunaan darurat di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan vaksin harus ditawarkan kepada orang-orang yang sebelumnya terinfeksi Virus Corona COVID-19, seperti yang dilakukan Trump pada awal Oktober.

Tercatat bahwa vaksinasi dapat ditunda, karena infeksi ulang jarang terjadi dalam 90 hari setelah infeksi awal. Namun, tidak ada data keamanan atau kemanjuran vaksin pada orang yang dirawat untuk COVID-19 dengan antibodi monoklonal atau plasma pemulihan; Perawatan Trump untuk COVID-19 termasuk koktail antibodi monoklonal yang dibuat oleh Regeneron.

Panduan CDC mengatakan "vaksinasi harus ditunda setidaknya selama 90 hari, sebagai tindakan pencegahan sampai informasi tambahan tersedia, untuk menghindari gangguan dari pengobatan antibodi dengan tanggapan kekebalan yang diinduksi oleh vaksin."

 
 
3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.