Sukses

20-12-1957: Raja Rock and Roll Elvis Presley Kena Wajib Militer AS

Pada 20 Desember 1957, saat menghabiskan liburan Natal di Graceland, bintang rock-and-roll Elvis Presley menerima pemberitahuan wajib militer Angkatan Darat Amerika Serikat.

Liputan6.com, Memphis - Pada 20 Desember 1957, saat menghabiskan liburan Natal di Graceland, bintang rock-and-roll Elvis Presley menerima pemberitahuan wajib militer Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dengan gaya yang sugestif—seorang penulis memanggilnya "Elvis the Pelvis"—sebuah film hit, Love Me Tender, dan serangkaian rekor emas termasuk "Heartbreak Hotel," "Blue Suede Shoes," "Hound Dog" dan "Don't Be Cruel," Elvis Presley telah menjadi ikon nasional dan bintang rock-and-roll bonafide pertama di dunia pada akhir 1956.

Seperti yang pernah dikatakan oleh anggota The Beatles John Lennon: "Sebelum Elvis, tidak ada apa-apa."

Tahun berikutnya, pada puncak kariernya, Presley menerima pemberitahuan wajib militer selama dua tahun. Fans mengirim puluhan ribu surat kepada tentara yang memintanya untuk dikecualikan, tetapi Elvis tidak akan memilikinya.

Elvis Presley sempat menerima satu penangguhan --di mana ia harus menyelesaikan mengerjakan filmnya King Creole-- sebelum dilantik sebagai prajurit tentara di Memphis pada 24 Maret 1958, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (20/12/2020).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertugas di Divisi Lapis Baja

Setelah pelatihan dasar — yang termasuk cuti darurat untuk melihat ibu tercintanya, Gladys, sebelum dia meninggal pada Agustus 1958 — Presley berlayar ke Eropa dengan Jenderal USS Randall.

Selama 18 bulan ke depan, ia bertugas di Kompi D, Batalyon Tank ke-32, Divisi Lapis Baja ke-3 di Friedberg, Jerman, di mana ia mencapai pangkat sersan.

Pada sisa masa pengabdiannya, ia berbagi tempat tinggal di luar pangkalan dengan ayahnya, nenek dan beberapa teman di Memphis.

Setelah bekerja di siang hari, Presley kembali ke rumah pada malam hari untuk menyelenggarakan pesta dan sesi jam musik. Pada salah satu dari ini, seorang teman tentara Presley memperkenalkannya kepada Priscilla Beaulieu yang berusia 14 tahun, yang akan menikahi Elvis beberapa tahun kemudian.

Sementara itu, manajer Presley, Kolonel Tom Parker, terus merilis single yang direkam sebelum kepergiannya, menjaga uang bergulir dan kliennya yang paling terkenal tetap segar di benak publik.

Dipuji secara luas karena tidak berusaha menghindar dari wajib militer, Presley dipandang sebagai model bagi semua pemuda Amerika Serikat pada periode itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.