Sukses

Australia dalam Cengkeraman Gelombang Panas Ekstrem dan Kebakaran Hutan

Liputan6.com, New South Wales - Sebagian besar Australia berada dalam cengkeraman gelombang panas ekstrem dengan suhu mencapai pertengahan 40-an dan imbauan kebakaran total berlaku di beberapa bagian Australia Selatan, New South Wales, dan Victoria.

Di Australia Selatan, suhu 47C diperkirakan untuk Maree, sebuah kota kecil di utara negara bagian, dan 46C di Renmark dan Port Augusta. Ibu kota negara bagian Adelaide diperkirakan mencapai suhu 38C pada hari Sabtu 28 November 2020, demikian seperti dikutip dariĀ the Guardian, Minggu (29/11/2020).

Risiko kebakaran hutan yang ekstrim diumumkan di Adelaide Hills. Pada Jumat 27 November 2020, api unggun di utara Adelaide membakar 650 hektar.

Dinas Kebakaran Negara bagian menyarankan mereka yang berada di distrik berisiko untuk menerapkan rencana kebakaran hutan mereka dan melacak pembaruan apa pun.

Di kota Coober Pedy di utara Australia Selatan, di mana suhu 46C diperkirakan terjadi pada hari Sabtu, sekitar dua pertiga penduduk tinggal di galian bawah tanah.

"Sementara orang-orang di galian akan baik-baik saja hari ini, kami benar-benar prihatin tentang orang-orang yang tinggal di atas tanah dalam perumahan, di rumah di atas tanah dan juga orang-orang yang mengunjungi dari bagian lain negara bagian, terutama dari utara," kata Kepala eksekutif dewan distrik Coober Pedy, Dean Miller mengatakan kepada ABC. "Kami akan mencari orang-orang untuk memastikan mereka tetap terhidrasi dan memiliki akses ke air dan keteduhan."

Di negara bagian New South Wales, suhu melebihi 40C di barat dan di daerah pesisir pada hari Sabtu 28 November.

45C telah diperkirakan di Hay dan Deniliquin pada hari Sabtu dan 40C untuk Sydney barat.

Bagian barat daya negara bagian Australia itu diperkirakan mengalami kondisi kebakaran terburuk pada hari Sabtu, sebelum cuaca terik bergerak melalui Sydney, wilayah Hunter dan pantai utara pada hari Minggu 29 November 2020.

"Ini akan menjadi malam yang sangat panjang dan tidak nyaman (pada hari Sabtu) dan kemudian hari yang sangat panas dan kemudian perubahan selatan yang sangat berangin," kata manajer Biro Meteorologi Jade Golding.

Satu kobaran api di Taman Myrtle, sebelah timur kota perbatasan Deniliquin, berada pada tingkat "awasi dan bertindak" karena kebakaran itu bisa tak terkendali jika terjadi di area seluas 800ha.

2 dari 3 halaman

Siapkan Rencana Mengatasi Kebakaran

Wakil komisaris Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan NSW, Peter McKechnie mendesak penduduk untuk menyiapkan rencana kebakaran dan menyiapkan properti mereka.

"Ini adalah pertama kalinya sejak musim yang menghancurkan tahun lalu kami melihat bahaya kebakaran yang meluas," katanya. "Ketahuilah apa yang harus dilakukan jika kebakaran mengancam Anda, ketahuilah ke mana Anda akan pergi."

Di Victoria, kota Mildura di barat laut diperkirakan akan mencapai 45C pada hari Sabtu - rekor sebelumnya untuk November adalah 45,5 pada tahun 2012. Swan Hill diperkirakan mencapai 44C dan Echuca mengharapkan 42.

Otoritas Kebakaran Negara mengumumkan larangan kebakaran untuk wilayah Mallee, Wimmera dan Northern Country. Angin kencang juga diperkirakan akan terjadi pada hari Sabtu, terutama di barat laut, ditambah badai petir pada sore dan malam hari.

"Distrik Mallee akan mencapai tingkat bahaya kebakaran yang ekstrim untuk pertama kalinya musim ini karena perkiraan angin kencang dan peningkatan pengeringan padang rumput di daerah itu," kata pejabat kepala CFA Alen Slijepcevic.

"Northern Country dan Wimmera juga akan mengalami peningkatan kondisi kebakaran yang berbahaya, dengan peringkat bahaya kebakaran yang parah.

Akibatnya, kami telah mengumumkan larangan kebakaran total di ketiga distrik cuaca."

Di tenggara Queensland, gelombang panas diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan minggu depan.

Bala bantuan dikirim ke Pulau Fraser di negara bagian itu untuk membantu mengatasi kebakaran hutan di luar kendali yang telah menyala selama enam minggu terakhir.

Wisatawan diperintahkan untuk menjauh dari kobaran api, yang telah membakar hingga 74.000 hektar sejauh ini, dan menjauhi jalur dan jalan pedalaman pulau itu.

Angin yang lebih panas dan lebih kering dengan potensi membawa api ke arah selatan diramalkan selama akhir pekan.

Kebakaran diyakini telah dimulai oleh api unggun ilegal pada 14 Oktober 2020/

Kebakaran hutan musim panas lalu di Australia menghancurkan 2.476 rumah, merenggut 26 nyawa dan membakar 5,5 juta hektar lahan.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: