Sukses

Jangan Sampai Salah Bersihkan Lidah hingga Pusar, Begini Cara Tepatnya

Berikut adalah beberapa metode untuk membersihkan bagian tubuh Anda dengan cara yang benar.

Liputan6.com, Jakarta- Ada banyak kotoran yang ada di tubuh. Sekitar 2.368 spesies bakteri konon diketahui hidup di pusar saja, mungkin lebih, namun kebersihannya sering diabaikan.

Menggunakan kapas untuk membersihkan kotoran telinga sebenarnya berbahaya dan tidak perlu. Ternyata, selama ini kita telah membersihkan bagian tubuh dengan cara yang salah dan melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Berikut ini dirangkum dari Bright Side, Rabu (25/11/2020), ditemukan sejumlah metode untuk membersihkan bagian tubuh  kotor dengan cara yang benar:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pusar

Sebagian besar dari kita umumnya mengabaikan kebersihan pusar atau membersihkannya dengan cara yang salah.

Pusar Anda seharusnya dibersihkan seminggu sekali dan dengan cara tertentu. Celupkan kapas ke dalam alkohol, gosok dan gunakan untuk membersihkan bagian dalamnya.

Ulangi sampai kapas keluar bersih. Tindak lanjuti dengan kapas segar untuk menghilangkan sisa alkohol. Hindari penggunaan body lotion.

3 dari 6 halaman

2. Telinga

Tidak perlu dikatakan lagi, menggunakan kuku atau benda tajam lainnya untuk membersihkan kotoran telinga adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Sebagai gantinya, oleskan beberapa tetes baby oil atau gliserin untuk melembutkan lilin. Setelah 1-2 hari, tuangkan air hangat dengan lembut menggunakan pipet atau spuit karet. Putar kepala Anda ke sisi lain untuk mengeluarkan air.

Seka dengan handuk dan ulangi prosesnya sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan kapas untuk membersihkan bagian luar telinga.

4 dari 6 halaman

3. Lidah

Menurut para ahli, mengikis lidah adalah cara paling efektif untuk membersihkannya. Lidah Anda perlu dibersihkan sesering gigi Anda.

Tempatkan pengikis di belakang lidah Anda dan perlahan-lahan tarik ke depan dengan sedikit tekanan.

 

5 dari 6 halaman

4. Siku

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang menggelapkan siku Anda, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu.

Anda dapat menggunakan scrub buatan sendiri atau membelinya dari toko, tetapi kuncinya di sini adalah menggosok dengan gerakan memutar, lembut. Terlalu banyak tekanan hanya akan memperburuk keadaan.

 

6 dari 6 halaman

5. Kulit kepala

Penumpukan kotoran di kulit kepala bisa disebabkan oleh sel-sel mati atau bahkan penggunaan produk rambut yang berlebihan.

Untuk membersihkannya, bilas rambut Anda sepenuhnya sebelum menggunakan sampo. Kemudian, campurkan air dengan sampo Anda dan oleskan ke area kulit kepala. Jika Anda menggunakan kondisioner, letakkan di ujung rambut saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.