Sukses

Kandidat Vaksin Moderna Diklaim 95 Persen Ampuh Tangkal Corona COVID-19

Uji coba melibatkan 30.000 orang di AS dengan setengahnya diberi dua dosis vaksin Corona COVID-19, dengan jarak empat minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik kembali hadir. Salah satu kandidat vaksin Corona COVID-19 hampir 95 persen efektif, data awal ini disampaikan oleh perusahaan Amerika Serikat yaitu Moderna.

Hasilnya semakin meningkat dengan hasil serupa dari Pfizer, dan menambah keyakinan yang semakin besar bahwa vaksin dapat membantu mengakhiri pandemi, demikian dikutip dari laman BBC, Selasa (17/11/2020).

Kedua perusahaan menggunakan pendekatan yang sangat inovatif dan eksperimental untuk merancang vaksin mereka.

Moderna mengatakan ini adalah "hari yang luar biasa" dan mereka berencana untuk mengajukan permohonan persetujuan penggunaan vaksin dalam beberapa minggu ke depan.

Namun, ini masih data awal dan pertanyaan kunci masih belum terjawab.

Seberapa baik vaksin tersebut?

Uji coba tersebut melibatkan 30.000 orang di AS dengan setengahnya diberi dua dosis vaksin, dengan jarak empat minggu.

Analisis ini didasarkan pada 95 orang pertama yang mengembangkan gejala Covid-19. Hanya lima dari kasus Corona COVID-19 terjadi pada orang yang diberi vaksin, 90 di antaranya yang diberi pengobatan tiruan. Perusahaan mengatakan vaksin tersebut melindungi 94,5 persen orang.

Data juga menunjukkan ada 11 kasus COVID-19 berat dalam uji coba, namun tidak ada yang terjadi pada orang yang diimunisasi.

"Efektivitas keseluruhannya luar biasa. Ini hari yang luar biasa," kata Tal Zaks, kepala petugas medis di Moderna, kepada BBC News.

Dr Stephen Hoge, presiden perusahaan, mengatakan: "Saya kira tidak ada dari kami yang benar-benar berharap vaksin itu 94% efektif mencegah penyakit Covid-19, itu benar-benar realisasi yang menakjubkan."

Kapan kita akan mendapatkannya?

Itu tergantung di mana Anda berada di dunia ini dan berapa usia Anda.

Moderna mengatakan itu akan berlaku untuk regulator di AS dalam beberapa minggu mendatang. Ini diharapkan akan memenuhi 20 juta dosis di negara tersebut.

Perusahaan berharap memiliki hingga satu miliar dosis tersedia untuk digunakan di seluruh dunia tahun depan dan berencana untuk meminta persetujuan di negara lain.

Inggris hari ini mengumumkan bahwa, mulai musim semi, mereka akan memiliki lima juta dosis vaksin Corona dari Moderna, cukup untuk memvaksinasi 2,5 juta orang. Itu sudah menguraikan rencana yang memprioritaskan orang tertua untuk diimunisasi.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah ada efek sampingnya?

Tidak ada masalah keamanan yang signifikan yang dilaporkan. Rasa lelah yang berlangsung singkat, sakit kepala dan nyeri dilaporkan setelah injeksi pada beberapa pasien.

"Efek ini adalah apa yang kita harapkan dengan vaksin yang bekerja dan memicu respons kekebalan yang baik," kata Prof Peter Openhaw, dari Imperial College London.

Bagaimana jika dibandingkan dengan vaksin Pfizer?

Kedua vaksin menggunakan pendekatan yang sama untuk menyuntikkan bagian dari kode genetik virus untuk memicu respons imun.

Data awal yang kami lihat sejauh ini sangat mirip -- sekitar 90 persen perlindungan untuk vaksin Pfizer / BioNTech dan sekitar 95 persen untuk Moderna.

Namun, kedua uji coba tersebut masih berlangsung dan angka akhirnya bisa berubah.

Vaksin Moderna tampaknya lebih mudah disimpan karena tetap stabil pada suhu minus 20 derajat Celcius hingga enam bulan dan dapat disimpan di lemari es standar hingga satu bulan.

Vaksin Pfizer membutuhkan penyimpanan sangat dingin pada suhu sekitar minus 75 derajat Celsius, tetapi dapat disimpan di lemari es selama lima hari.

Vaksin Sputnik V, yang dikembangkan di Rusia, juga telah merilis data yang sangat awal yang menunjukkan bahwa itu 92 persen efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.