Sukses

Isu Politik di Balik Penangguhan Uji Coba Vaksin COVID-19 China Sinovac di Brasil?

Uji coba vaksin COVID-19 asal China yakni Sinovac kembali dilanjutkan di Brasil setelah sebelumnya sempat ditangguhkan.

Liputan6.com, Brasilia - Regulator kesehatan Brasil telah mengumumkan bahwa uji coba vaksin Virus Corona COVID-19 dari China dapat dilanjutkan.

Anvisa menangguhkan uji coba vaksin Brasil dua hari lalu, dengan alasan "insiden merugikan yang parah" - dilaporkan sebagai kematian seorang sukarelawan.

Mengutip laman BBC, Kamis (12/11/2020), kepala lembaga yang melakukan uji coba mengatakan kematian itu tidak ada hubungannya dengan vaksin.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Anvisa mengatakan mereka sekarang memiliki "informasi yang cukup untuk memungkinkan vaksinasi dilanjutkan".

"Penting untuk mengklarifikasi bahwa penangguhan tidak selalu berarti bahwa produk yang sedang diselidiki tidak menawarkan kualitas, keamanan atau kemanjuran," katanya.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebelumnya menyatakan penangguhan itu sebagai "kemenangan". Dia telah lama mengkritik vaksin itu karena hubungannya dengan China dan mengatakan bahwa vaksin itu tidak akan dibeli oleh negaranya. Dia juga terlibat dalam pertarungan politik dengan gubernur São Paulo, João Doria, yang secara terbuka mendukung uji coba tersebut.

Hingga kini, Bolsonaro belum mengomentari pengumuman Anvisa tentang uji coba vaksin yang dapat dilanjutkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Ditangguhkan

Pada hari Senin, Anvisa mengatakan telah "memutuskan untuk menghentikan uji klinis vaksin CoronaVac setelah insiden merugikan yang serius". Namun, pihaknya tidak mengungkapkan apa yang telah terjadi, atau di mana itu terjadi.

Dimas Covas, kepala institut Butantan yang melakukan uji coba, mengatakan kepada media lokal bahwa penangguhan persidangan terkait dengan kematian, tetapi bersikeras bahwa kematian tersebut tidak terkait dengan vaksin. Pernyataan ini didukung oleh Jean Gorinchteyn, sekretaris kesehatan untuk negara bagian São Paulo, yang mengatakan pada konferensi pers bahwa kematian adalah "peristiwa eksternal" yang tidak terkait dengan vaksin.

Covas mengatakan bahwa tidak ada reaksi yang merugikan terhadap vaksin tersebut, dan bahwa keputusan untuk menangguhkan persidangan telah menyebabkan "kemarahan".

Laporan media mengatakan polisi sedang menyelidiki kematian tersebut sebagai bunuh diri.

Dalam pernyataannya yang memungkinkan dimulainya kembali persidangan pada hari Rabu, Anvisa mengatakan sekarang pihaknya memiliki rincian lebih lanjut tentang sifat "insiden merugikan" tersebut.

Dikatakan bahwa keputusannya untuk menangguhkan persidangan "mempertimbangkan data yang diketahui badan tersebut pada saat itu".

Jeda dalam uji klinis bukanlah hal yang aneh. Pada bulan September, Inggris juga sempat menghentikan uji coba untuk vaksin COVID-19 lainnya setelah seorang peserta diduga mengalami reaksi merugikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.