Sukses

Setop Selamatkan Handphone Basah Pakai Beras, Coba 5 Cara Alternatif Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menyarankan bahwa merendam handphone yang basah di dalam beras bisa membantu menyelamatkannya. 

Namun ternyata, hal tersebut hanyalah sebuah mitos. 

Selain tidak membantu handphone kembali pulih, kebiasaan tersebut juga menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada ponsel Anda.

Melansir Bright Side, Rabu (11/11/2020), beras tidak dapat menyerap air dari ponsel Anda dengan cukup cepat sehingga menjadi metode yang layak untuk digunakan.

Cara ini juga memperkenalkan elemen baru yang semakin merusak bagian internal ponsel Anda, seperti debu dan pati.

Berikut adalah beberapa cara alternatif lain yang bisa Anda lakukan ketika handphone Anda basah terkena air:

2 dari 6 halaman

1. Biarkan Mengering Sendiri

Membiarkan ponsel Anda mengering di meja sama efektifnya, daripada memasukkannya ke dalam beras.

Ponsel Anda akan mengering dengan cepat dan Anda tidak akan menyebabkan kerusakan ekstra seperti yang Anda alami jika menggunakan beras.

3 dari 6 halaman

2. Segera Matikan Perangkat Anda

Mematikan telepon Anda dengan segera akan membantu Anda untuk menghindari kerusakan pada sirkuit listrik. Cara ini dapat sangat membantu.

Membasahi sirkuit listrik apa pun itu buruk. Namun, membasahi sirkuit yang saat ini mati tidak menyebabkan kerusakan sebanyak membasahi sirkuit yang aktif. Semakin cepat Anda mematikannya, semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan besar pada sirkuit, jadi pastikan Anda mengingat langkah yang sangat penting ini.

4 dari 6 halaman

3. Keringkan dengan Tisu

Setelah Anda mematikan telepon, gunakan handuk kertas (tisu) atau handuk biasa jika Anda mau, dan keringkan ponsel.

Untuk langkah ini, Anda perlu memastikan bahwa Anda sangat berhati-hati dan lembut, karena Anda ingin menghindari mendorong air ke ujung ponsel. Penting juga untuk memastikan bahwa jika Anda memutuskan untuk menggunakan handuk biasa, handuk tersebut tidak berbulu.

5 dari 6 halaman

4. Lepaskan Bagian yang Bisa Dilepas

Penting bagi Anda untuk melepas semua bagian telepon yang dapat dilepas, seperti tempat kartu SIM atau baterai jika Anda menggunakan model telepon yang lebih lama.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Memasukkan Benda Apapun Lewat Port Pengisian Daya

Jangan memasukan apapun seperti potongan kecil kertas, atau handuk yang diharapkan membantu mengeringkan. 

Berhati-hatilah untuk tidak menekan tombol apa pun atau menggoyangkan ponsel Anda karena dapat menggeser cairan di dalamnya.