Sukses

Ahli Sebut Tantangan yang Bakal Dihadapi AS Ketika Sudah Ada Presiden Terpilih

Apa kemungkinan yang akan dihadapi oleh AS ketika hasil pemilu 2020 datang?

Liputan6.com, Jakarta - Pengajar Political Science di Loyola University, Chicago, Illnois, Dr. Ratri Istania, MA menyampaikan pendapatnya tentang apa yang kemungkinan akan dihadapi oleh Amerika Serikat ketika hasil pemilu 2020 datang. 

Ratri Istania menyebutkan, bahwa AS akan menghadapi tantangan berat ketika nanti adanya presiden terpilih, karena sudah terjadi polarisasi yang sedemikian hebat.

"Saya kira tantangan berikutnya adalah bagaimana (Biden) yang dominan harus menghadapi era baru dimana orang-orang latin diprojeksikan akan melebihi jumlah mereka pada tahun 2050 menurut Bio research center," kata Ratri Istania, dalam acara webinar yang digelar oleh Radio Smart FM bertajuk "For Biden, For Trump?" pada Sabtu (7/11/2020). 

Persoalan itu juga termasuk bagaimana mereka menyikapi perubahan yang begitu besar di AS, menurut Ratri Istania.

Ia juga menyebutkan, tantangan tersebut kemungkinan terjadi "mengingat dominasi kulit putih yang makin lama makin mengecil di kancah perpolitikan AS".

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Yakini Kemenangan Joe Biden

Dilansir AFP, Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi menyebut kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden sebagai "presiden terpilih" AS.

Tetapi, diketahui bahwa proses penghitungan suara pemilu di AS belum selesai. 

"Pagi ini jelas bahwa Biden-Harris akan memenangkan Gedung Putih," kata Pelosi kepada wartawan. 

Pernyataan tersebut disampaikan Pelosi ketika Biden unggul tipis dari Presiden AS Donald Trump di negara bagian Pennsylvania. 

"Presiden Terpilih Biden memiliki mandat yang kuat untuk memimpin," sebut Pelosi. 

Selain itu, Pelosi juga turut menyampaikan kebahagiaan atas keunggulan Biden. 

Ini adalah "hari yang membahagiakan bagi negara kita. Joe Biden adalah pemersatu, karena dia bertekad untuk menyatukan orang," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.