Sukses

1 Kakek, Pemuda, dan Anjing Selamat dari Puing Gempa Turki yang Tewaskan 53 Orang

Korban tewas akibat Gempa Turki telah mencapai 53 jiwa.

Liputan6.com, Izmir - Petugas penyelamat membebaskan seorang pria berusia 70 tahun dari gedung yang runtuh di Turki barat pada Minggu 1 November, sekitar 34 jam setelah gempa kuat di Laut Aegea melanda Turki dan Yunani.

Gempa Turki telah menewaskan sedikitnya 53 orang dan melukai lebih dari 900 orang.

Mengutip Channel News Asia, Minggu (1/11/2020), aksi penyelamatan tersebut adalah rangkaian penyelamatan luar biasa terbaru setelah gempa bumi melanda pada Jumat sore, yang berpusat di Laut Aegea di timur laut pulau Samos, Yunani. 

Tim pencarian dan penyelamatan sedang bekerja di sembilan gedung pada hari Minggu di kota Izmir, Turki sejak pagi tadi. 

Wakil Presiden Fuat Oktay menaikkan jumlah korban tewas akibat gempa Turki di Izmir, kota terbesar ketiga di negara itu, menjadi 51 orang ketika tim penyelamat menarik lebih banyak jasad dari gedung-gedung yang roboh. 

Ahmet Citim (70) ditarik keluar dari reruntuhan tak lama setelah tengah malam dan dirawat di rumah sakit. Menteri Kesehatan Fahrettin Koca menulis di Twitternya bahwa pria itu berkata: "Saya tidak pernah kehilangan harapan saya."

Tim pencari dan penyelamat terus bekerja di sembilan gedung di Izmir saat fajar menyingsing pada hari ketiga.

Seorang Pemuda dan Anjingnya Diselamatkan

Inci Okan, yang berusia enam belas tahun, juga terperangkap di bawah reruntuhan gedung berlantai delapan yang sama dengan pria lansia itu selama 17 jam. Okan bersama dengan anjingnya Fistik (Pistachio) berhasil diselamatkan, Reuters mewartakan, dikutip dari Antara.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca dan anggota Tim Penyelamat Medis Nasional (UMKE) Edanur Dogan mengunjungi Okan di rumah sakit.

Petugas darurat Dogan memegangi tangan remaja putri itu sementara tim penyelamat mengangkat puing-puing di atasnya.

"Saya sangat senang. Syukurlah ayah saya tidak ada di rumah. Ayah saya tidak akan muat di sana. Saya kecil. Saya pendek jadi saya bisa muat dan begitulah cara saya diselamatkan. Kami tinggal di rumah bersama anjingku. Kita berdua baik-baik saja," kata Okan yang terbaring di ranjang rumah sakit.

Okan berjanji akan memainkan biola untuk Dogan setelah keluar dari rumah sakit.

"Aku akan memainkan biola untukmu, aku janji."

Gempa Turki, yang menurut Kandilli Institute di Istanbul berkekuatan 6,9 magnitudo, berpusat di Laut Aegea, timur laut Samos.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekuatan Gempa

Ada beberapa perdebatan tentang besarnya gempa tersebut. 

Survei Geologi AS memberi peringkat 7,0, sementara Institut Kandilli Istanbul menempatkannya pada 6,9 dan Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan pihaknya mengukur gempa berkekuatan 6,6.

Tsunami kecil terjadi di distrik Seferihisar di Izmir, menenggelamkan seorang wanita lanjut usia, dan di pulau Yunani. 

Guncangan dirasakan di seluruh Turki barat, termasuk di Istanbul, serta ibu kota Yunani, Athena. Ratusan gempa susulan menyusul.

Badan bencana Turki mengatakan hampir 900 orang terluka di Turki saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.