Sukses

Tsunami Terjang Turki Usai Diguncang Gempa Magnitudo 7,0

Gempa terjadi di Turki dan mengakibatkan tsunami.

Liputan6.com, Izmir - Gempa magnitudo 7,0 mengguncang di Izmir, Turki. Usai gempa, Tsunami kecil dilaporkan sudah terjadi di kota Serifihisar, bagian barat daya Izmir. 

Informasi ini beredar luas di media sosial. Rakyat Turki tampak berlarian dari pantai yang terpantau surut. 

Warga yang panik mulai berlarian dari wilayah tepi pantai.

Berdasarkan data gempa dari The Weather Channel, lokasi gempa cukup jauh dari Istanbul.

Warga juga terdengar berteriak-teriak saat air mulai mengalir ke wilayah perumahan di kota yang berada di tepi pantai itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Mengalir Deras

Pada video-video yang beredar, tampak air mengalir deras menghanyutkan bangku-bangku. 

Suara wanita berteriak panik terdengar jelas di video ini.

3 dari 4 halaman

4 Orang Tewas Akibat Gempa

Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, Turki pada Jumat (30/10/2020) sore waktu setempat. Selain menyebabkan bangunan-bangunan runtuh di daerah pesisir, gempa tersebit juga menewaskan sedikitnya empat orang di Turki barat. 

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengumumkan jumlah korban tewas di Twitter, ketika orang-orang di dalam dan sekitar kota Izmir Turki berkumpul di jalan-jalan setelah melarikan diri dari gedung mereka untuk mencari keselamatan. Setidaknya 20 bangunan hancur di Izmir akibat gempa, kata walikota kota itu kepada CNN Turk.

Gambar menunjukkan sebuah mobil hancur di bawah bangunan yang telah runtuh, sementara tayangan TV menunjukkan orang-orang menggali melalui puing-puing, mencari orang yang selamat.

Zeki Soysal, seorang penduduk di provinsi Izmir mengatakan, dia berhasil keluar dari gedung kantornya tepat sebelum gedung itu runtuh karena gempa. "Ada seorang wanita yang lebih tua di gedung itu tetapi kami menyelamatkannya, dia keluar. Ada gedung lain di dekat gedung ini. Mereka terus berusaha mengeluarkan orang-orang," katanya.

4 dari 4 halaman

Pusat Gempa

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa tersebut berada di 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, pada pukul 1.51 waktu Yunani.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer, menurut USGS, membuat dampaknya sangat terasa di permukaan tanah di sekitar pusat gempa. Badan bencana Turki mencatat kedalaman pada 17 kilometer.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mentweet: "Semoga cepat sembuh İzmir."

"Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan," kata Erdogan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.