Sukses

Sepekan Jelang Pilpres AS 2020, Donald Trump Vs Joe Biden Siapa Unggul?

Liputan6.com, Washington, D.C. - Pilpres Amerika Serikat 2020 hanya tinggal beberapa hari saja. Nasib Presiden Donald Trump akan ditentukan rakyat AS pada Selasa 3 November 2020.

Polling terbaru dari CNN menyatakan Joe Biden sudah di atas angin. Perolehan suara Biden melalui polling adalah 54 persen.

Menurut laporan CNN, Kamis (29/10/2020), sebanyak 64 persen warga AS yang sudah mencoblos lebih awal memilih Joe Biden. Pemilih Trump hanya 34 persen.

Meski demikian, Donald Trump masih unggul di kalangan warga yang ingin memilih pada hari-H. Di antara mereka, ada 59 persen warga yang mendukung Donald Trump.

Donald Trump terpantau tidak populer hampir di berbagai kalangan. CNN menyebut 61 persen perempuan lebih memilih Joe Biden ketimbang Donald Trump.

Sementara, dukungan kaum pria dari Donald Trump juga hanya beda satu persen dari dukungan ke Biden, yakni 48 persen banding 47 persen.

Bagai warga minoritas (color), dukungan ke capres Partai Demokrat mencapai 71 persen, sementara Trump mendapat 24 persen. Dukungan Trump di kalangan kulit putih juga tak tinggi, yakni 50 persen, sementara Biden mendapat 48 persen.

2 dari 4 halaman

Pemilih dengan Gelar Sarjana

Survei ini dilaksanakan CNN dengan 1.056 responden yang dihubungi lewat telepon pada 23-26 Oktober 2020. Hasilnya memiliki margin of sampling error plus atau minus 3,6 persen poin.

Survei turut melihat tingkat pendidikan pemilih.

Pemilih dengan gelar sarjana cenderung memilih Joe Biden. Sementara, pemilih tanpa gelar sarjana seimbang antara Trump dan Biden.

Pemilih kulit putih yang tak punya gelar S1 terutama condong memilih Trump, yakni sebanyak 51 persen, dan 40 persen mendukung Biden.

Namun, perempuan kulit putih tanpa gelar sarjana berimbang antara memilih Trump dan Biden.

Trump mendapat dukungan relatif tinggi dari pria kulit putih tanpa gelar sarjana yakni 68 persen, sementara Biden hanya 30 persen.

3 dari 4 halaman

Faktor Usia

Secara keseluruhan 55 persen responden berusia di atas 65 tahun memihak Joe Biden, yakni 44 persen. Donald Trump mendapat 44 persen.

Joe Biden, meski berusia 78 tahun, juga dilaporkan CNN unggul di pemilih di bawah 35 tahun. Sementara, pemilih berusia 35 dan 64 tahun imbang mendukung kedua presiden.

Approval rating dari Presiden Donald Trump saat ini berada di angka 42 persen. Sebanyak 55 persen menilai kinerja Trump buruk.

Donald Trump tercatat unggul di isu ekonomi, tetapi kalah di isu seperti ras dan virus corona.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: