Sukses

Vladimir Putin Sudah Tandai Omongan Joe Biden Soal Retorika Tajam Anti-Rusia

Vladimir Putin menyadari retorika tajam anti-Rusia yang disebutkan oleh capres Joe Biden.

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa ia telah mencatat apa yang disebutnya "retorika tajam anti-Rusia" dari calon presiden Amerika Serikat yang diusung Partai Demokrat, Joe Biden.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (8/10/2020), Putin dalam komentarnya di televisi pemerintah menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November, mengatakan Rusia akan bekerja dengan setiap pemimpin AS, tetapi memuji petahana Partai Republik Donald Trump karena mengatakan dia menginginkan hubungan yang lebih baik dengan Moskow.

"Tentu saja kami menghargai ini," kata Putin, yang juga membantah tuduhan Washington atas campur tangan Rusia dalam pemilihan AS.

Dia mengatakan, konsensus bipartisan AS tentang perlunya menahan Rusia telah menahan kemungkinan itu terjadi, tetapi masih banyak yang telah dilakukan dan bahwa perdagangan bilateral telah tumbuh meskipun ada sanksi AS dan pandemi.

"Sejauh menyangkut kandidat dari Partai Demokrat ... kami juga melihat retorika anti-Rusia yang cukup tajam. Sayangnya, kami sudah terbiasa dengan ini," kata Putin dalam sebuah tayangan di televisi pemerintah.

Namun dia menambahkan bahwa Biden telah membuat apa yang dia anggap sebagai pernyataan yang menggembirakan tentang "New START", pakta senjata nuklir besar terakhir antara Rusia dan Amerika Serikat, yang akan berakhir pada Februari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan AS-Rusia

Moskow dan Washington sejauh ini tidak dapat menyetujui perjanjian baru atau perpanjangan kesepakatan, meskipun utusan Trump untuk pengendalian senjata mengatakan pada hari Selasa bahwa "kemajuan penting" telah dibuat pada pembicaraan bilateral.

"Kandidat Biden secara terbuka mengatakan dia siap untuk perpanjangan New START atau untuk mencapai perjanjian baru guna membatasi ... senjata strategis, dan ini adalah elemen yang sangat serius dari kerja sama kami di masa depan," kata Putin.

Bulan lalu, Putin mengusulkan pengaturan ulang dunia maya dalam hubungan dengan Washington dan menyerukan perjanjian bilateral bahwa mereka tidak akan terlibat dalam campur tangan dalam dunia maya dalam pemilihan masing-masing.

Namun, pada hari Rabu lalu dia mengatakan Washington telah mengabaikan proposal itu.

"Sayangnya ... belum ada jawaban untuk ini ... masalah yang sangat penting, meskipun ada klaim terus menerus terhadap kami, tentang hiperaktif kami yang jelas ... dalam mencampuri pemilihan ... yang sama sekali tidak berdasar." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.