Sukses

Ini Kronologi 7 Hari Sebelum Donald Trump Dinyatakan Positif COVID-19

Gedung Putih mengatakan telah memulai pelacakan kontak.

Liputan6.com, D.C - Diagnosis COVID-19 Presiden Donald Trump muncul setelah seminggu yang sibuk menjalankan pemerintahannya dan berkampanye menjelang Pilpres AS pada 3 November 2020. Selama periode itu, dia juga diketahui berinteraksi dengan banyak pejabat tingkat tinggi.

Presiden mengumumkan hasil tes positif untuk dirinya dan istrinya, Melania Trump, dalam sebuah tweet pada Jumat 2 Oktober 2020, sekitar pukul 01.00 waktu setempat (05:00 GMT).

Ini mengikuti diagnosis positif untuk asisten dekatnya, Hope Hicks, yang dilaporkan mulai merasakan gejala sejak Rabu 30 September 2020 dan dinyatakan positif keesokan harinya.

Sejak Presiden Donald Trump didiagnosis, beberapa orang yang dekat dengan pemerintahannya dinyatakan positif, termasuk manajer kampanyenya.

Diperlukan waktu rata-rata lima hari sejak seseorang terinfeksi untuk gejala mulai terlihat, tetapi bisa lebih lama lagi, sehingga WHO menyarankan periode isolasi 14 hari bagi yang merasa melakukan kontak dekat dengan penderita COVID-19.

Periode infeksi tertinggi untuk virus adalah sehari sebelum gejala muncul dan dua hari setelahnya, meskipun sebagian besar orang tidak pernah menunjukkan gejala sama sekali.

Gedung Putih mengatakan telah memulai pelacakan kontak.

Seperti dirangkum BBC (3/10/2020), berikut adalah kegiatan yang diikuti dan orang yang telah ditemui oleh Presiden Donald Trump dalam seminggu terakhir sebelum dirinya dinyatakan positif COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

26 September: Pengumuman Hakim Agung AS

Presiden Trump mengumumkan keputusan Mahkamah Agungnya, Hakim Amy Coney Barrett, di depan sekitar 200 orang di halaman Gedung Putih.

Pada Sabtu malam, Presiden Trump menggelar rapat umum di Bandara Internasional Harrisburg di Middletown, Pennsylvania.

Sejak upacara sore itu, Hakim Coney Barrett telah mengadakan pertemuan dengan berbagai senator - termasuk Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell - menjelang sidang konfirmasi yang sangat dinanti-nantikan, yang akan berlangsung pada 12 Oktober.

Hakim Coney Barrett mengatakan pada hari Jumat bahwa dia dinyatakan negatif. Sumber mengatakan kepada media AS bahwa dia terkena virus awal tahun ini.

Beberapa orang yang menghadiri acara Rose Garden untuknya mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka dinyatakan positif.

Mereka termasuk mantan penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway dan Senator Mike Lee dari Utah dan Senator Thom Tillis dari North Carolina, yang keduanya adalah anggota komite kehakiman, dan presiden Universitas Notre Dame, John Jenkins. Tidak diketahui kapan mereka terinfeksi.

3 dari 8 halaman

27 September: Golf dan Acara Veteran

Presiden bermain golf di klubnya di Potomac Falls, Virginia, pada Minggu pagi dan memimpin resepsi Gedung Putih untuk keluarga veteran militer di malam hari.

4 dari 8 halaman

28 September: Pengarahan Mingguan COVID-19

Pada hari Senin, Presiden Trump mengadakan konferensi pers --memberikan pembaruan tentang strategi pengujian virus corona pemerintahannya-- di Taman Mawar Gedung Putih.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Mike Pence, Sekretaris Kesehatan Alex Azar, Sekretaris Pendidikan Betsy DeVos, dan Kepala Eksekutif Laboratorium Abbott, Robert Ford, dan lainnya.

Juga pada hari Senin, Trump melihat model truk pickup baru - sedang dibangun di sebuah pabrik di Ohio - di halaman Gedung Putih. Perwakilan dari perusahaan, Lordstown Motors, hadir, serta dua anggota Kongres.

Gedung Putih secara teratur menguji pejabat yang melakukan kontak dengan presiden. Namun, media AS telah mencatat bahwa pemakaian masker dan jarak sosial di sekitarnya kurang umum, menunjukkan bahwa orang mungkin terlalu bergantung pada sistem pengujian, yang tidak bisa dibilang sangat mudah.

5 dari 8 halaman

29 September: Debat Pilpres Perdana

Presiden menghadapi saingannya dalam Pilpres AS 2020, Joe Biden, pada debat tatap muka pertama mereka di Cleveland, Ohio pada Selasa malam.

Presiden Trump terbang ke sana dengan pesawat kepresidenannya, Air Force One, bersama istri, anak-anak yang besar, dan banyak stafnya. Banyak yang terlihat tidak memakai masker saat naik atau turun, menurut laporan media AS.

Namun, selama acara itu sendiri, Ivanka Trump dan anggota keluarga lainnya, termasuk saudara kandung Don Jr dan Eric terlihat tak mengenakan masker. Don Jr mengatakan kepada Fox News pada hari Jumat bahwa dia dinyatakan negatif.

Di pesawat yang membawa keluarga Trump ke lokasi debat terdapat: Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows; ahli strategi kampanye Jason Miller; penasihat kebijakan Stephen Miller; Robert C O'Brien, penasihat keamanan nasional yang dites positif terkena virus pada Juli; dan Anggota Kongres Ohio Jim Jordan.

Setelah mendarat, manajer kampanye presiden, Bill Stepien, terlihat masuk ke van staf bersama Sekretaris Pers Gedung Putih Hope Hicks, lapor New York Times. Pada Jumat malam, diumumkan bahwa Stepien dinyatakan positif COVID-19 dan mengalami gejala mirip flu ringan.

Saat debat, kubu Joe Biden dilaporkan tetap mengenakan masker mereka, kecuali sang capres yang berada di panggung debat. Namun, baik Trump dan Biden saling menjaga jarak. Ia diketahui negatif dalam tes hari Jumat, CNBC melaporkan.

Pada acara kampanye terpisah di Pennsylvania pada hari Selasa, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan dia telah berada di Kantor Oval bersama Presiden Trump pada hari itu. Ini dianggap pertemuan tatap muka terakhir mereka. Pada hari Jumat, Tuan Pence mengatakan dia dan istrinya Karen Pence dinyatakan negatif.

6 dari 8 halaman

30 September: Penggalangan Dana dan Kampanye

Sehari setelah debat, Presiden Trump langsung kembali ke bisnis kampanye, terbang ke Minnesota. Ms Hicks termasuk di antara mereka yang menemaninya.

Dia menghadiri penggalangan dana tertutup di sebuah rumah pribadi di Minneapolis, dan dia kemudian mengadakan rapat umum besar di bandara di Duluth, di depan ribuan orang. Beberapa memakai masker tetapi ada jarak antara mereka dan presiden.

Anggota Kongres Minnesota Kurt Daudt men-tweet foto dirinya yang dekat dengan Trump, tanpa mengenakan masker.

Pada Rabu malam, Trump dan berbagai pembantunya kembali ke Washington DC dengan Air Force One lagi.

Ms Hicks, yang merasa tidak sehat, diisolasi di kabin terpisah, menurut media AS. Dia dilaporkan turun dari bagian belakang pesawat, bukan dari depan bersama penumpang lain.

 

7 dari 8 halaman

1 Oktober: Pengglangan Dana Lagi

Presiden Trump terbang ke resor golf Bedminster di New Jersey untuk penggalangan dana pribadi.

Beberapa ajudan yang dekat dengan Hicks membatalkan rencana mereka untuk menemani presiden, menurut Associated Press.

Kayleigh McEnany, sekretaris pers Gedung Putih, yang diduga telah melakukan kontak dekat dengan Hicks, mengadakan pengarahan untuk wartawan di Gedung Putih pada hari Kamis, tanpa menyebutkan tes rekannya dan tanpa mengenakan topeng. Sejak itu dia mengatakan dia tidak tahu tentang diagnosis tersebut.

Malam itu, dalam pidato yang direkam sebelumnya untuk makan malam tahunan Al Smith di New York City, Trump mengatakan bahwa "akhir pandemi sudah di depan mata".

Dia kemudian mengumumkan dalam sebuah wawancara malam di Fox News bahwa dia dan ibu negara sedang diuji untuk COVID-19.

Meskipun tidak diketahui berapa banyak pendukungnya yang dia hubungi dalam beberapa hari terakhir, dia mengatakan kepada presenter Fox Sean Hannity bahwa orang-orang selalu ingin dekat dengannya. "Mereka ingin memelukmu, dan mereka ingin menciummu," katanya.

 

8 dari 8 halaman

2 Oktober: Pengumuman Positif

Presiden Trump mengumumkan bahwa dia dan Nyonya Trump telah dites positif sekitar pukul 01:00 pada hari Jumat dalam sebuah tweet, menambahkan bahwa mereka akan memulai "proses karantina dan pemulihan segera".

Tepat sebelum pukul 11:00, kepala stafnya, Mark Meadows, mengatakan kepada wartawan bahwa presiden memiliki "gejala ringan" tetapi tetap "bersemangat".

Nyonya Trump tweeted mengatakan dia juga memiliki gejala ringan.

Sejauh ini, sebagian besar hasil tes yang dirilis ternyata negatif. Tidak ada yang bisa memastikan siapa yang pertama kali tertular virus di antara tokoh-tokoh politik terkemuka AS dan kerabat mereka, atau siapa yang menularkannya kepada siapa, atau di mana mereka tertular.

Tes negatif biasanya berarti seseorang tidak memiliki Covid-19.

Namun, keakuratan tes dapat bervariasi tergantung pada kapan sampel diambil selama penyakit berlangsung, dan yang diambil segera setelah terpapar mungkin tidak memberikan hasil yang akurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.