Sukses

Donald Trump Diterbangkan ke Rumah Sakit Usai Dinyatakan Positif COVID-19

Presiden AS Donald Trump telah diterbangkan ke rumah sakit kurang dari 24 jam setelah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Donald Trump telah diterbangkan ke rumah sakit kurang dari 24 jam setelah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Gedung Putih mengatakan keputusan untuk membawanya ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed "karena sangat berhati-hati" dengan kondisi sang presiden, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (3/10/2020).

Donald Trump, yang mengalami demam, mengatakan pada Jumat 2 Oktober 2020 pagi waktu setempat bahwa dia dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif COVID-19.

Gedung Putih mengatakan dia merasa "lelah tapi bersemangat" dan mengalami gejala ringan.

Berita itu datang sebulan sebelum pemilihan presiden, di mana dia akan menghadapi penantang dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Tidak diketahui bagaimana tepatnya Trump dan Melania terinfeksi.

Pada Kamis 1 Oktober, Donald Trump mengatakan bahwa mereka akan mengisolasi diri setelah staf terdekatnya, Hope Hicks, dinyatakan positif COVID-19. Segera setelah itu, mereka pun menerima hasil tes yang positif.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggunakan Helikopter

Mengenakan masker dan setelan jas, Trump berjalan melintasi halaman Gedung Putih pada Jumat 2 Oktober sore waktu setempat ke helikopternya, Marine One, untuk perjalanan singkat ke rumah sakit.

Dia melambai dan mengacungkan jempol kepada wartawan tetapi tidak mengatakan apa-apa sebelum naik ke heli.

Dalam video yang diposting ke Twitter, Trump berkata: "Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan yang luar biasa. Saya akan pergi ke rumah sakit Walter Reed. Saya pikir saya baik-baik saja."

"Tapi kami akan memastikan semuanya berjalan lancar. Ibu negara dalam keadaan sangat baik. Jadi terima kasih banyak, saya menghargainya, saya tidak akan pernah melupakannya --terima kasih."

Anak-anak presiden, Ivanka dan Eric, me-retweet postingannya, memujinya sebagai "pejuang". Ivanka menambahkan: "Aku mencintaimu ayah."

Setibanya di Walter Reed, presiden tidak pergi ke ruang gawat darurat untuk perawatan, tetapi langsung pergi ke kamar kepresidenan rumah sakit, menurut mitra BBC AS, CBS News.

Sebelum ke rumah sakit, Trump dikatakan telah menerima sejumlah pengobatan "sebagai tindakan pencegahan" berupa antibodi poliklonal dosis 8g di Gedung Putih, kata dokter Trump, Sean Conley.

Obat ini diberikan untuk membantu mengurangi tingkat virus dan mempercepat pemulihan.

Dia juga mengonsumsi zinc, vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin, kata Dr Conley.

“Sampai sore ini dia tetap lelah tapi semangatnya bagus,” tambahnya. Ibu negara, yang berusia 50 tahun, "sehat hanya dengan batuk ringan dan sakit kepala".

Pada Jumat sore, Nyonya Trump mengatakan dia mengalami gejala ringan tetapi "merasa baik" dan "berharap untuk segera sembuh".

Sisa keluarga Trump, termasuk putra mereka, Barron --yang juga tinggal di Gedung Putih-- dinyatakan negatif.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Gedung Putih

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Presiden Trump tetap bersemangat, memiliki gejala ringan, dan telah bekerja sepanjang hari."

"Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan pakar medisnya, presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan."

"Presiden Trump menghargai curahan dukungan untuk dia dan ibu negara."

Gejala Trump termasuk demam ringan, menurut CBS.

Walter Reed yang berlokasi di pinggiran Washington DC, adalah salah satu pusat kesehatan militer terbesar dan paling terkenal di Amerika. Di sinilah presiden AS biasanya pergi untuk pemeriksaan tahunan mereka.

Direktur komunikasi Gedung Putih Alyssa Farah mengatakan presiden belum mengalihkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Mike Pence.

"Presiden (tetap) yang bertanggung jawab," katanya.

Tapi dia menarik diri dari panggilan konferensi video yang dijadwalkan pada hari Jumat, meninggalkan Pence untuk memimpin rapat.

Di bawah konstitusi AS, jika Trump menjadi terlalu sakit untuk menjalankan tugasnya, dia dapat menyerahkan kekuasaannya kepada wakil presiden untuk sementara. Itu berarti Mike Pence akan menjadi penjabat presiden sampai Trump bugar kembali dan dapat melanjutkan pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.