Sukses

Kerap Terima Panggilan dari Nomor Tak Dikenal? Ini Cara Menghentikannya

Kerap kali mereka menyamarkan identitas menggunakan nomor palsu dan berharap untuk menipu Anda agar mengungkapkan informasi keuangan Anda. Coba tips berikut untuk menghentikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda salah satu dari sekian orang yang mengeluh serta merasa terganggu apabila ada nomor tak dikenal yang menelepon ponsel Anda?

Kebanyakan dari panggilan masuk ini merupakan penipu telemarketing. Federal Trade Commission mengirimkan rata-rata 375.000 laporan keluhan setiap bulan tentang gangguan ini.

Kerap kali mereka menyamarkan identitas menggunakan nomor palsu dan berharap untuk menipu Anda agar mengungkapkan informasi keuangan Anda, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Selasa (22/9/2020).

Mereka menyebalkan dan kerap menghina. Namun tenang saja, ini bisa diatasi.

Menurut penulis Verge Chris Welch, robocall yang dikirim ke iPhone atau smartphone Android dapat digagalkan dengan berbagai cara.

Banyak operator seluler besar menawarkan aplikasi yang memblokir nomor tak dikenal yang dicurigai sebagai penipuan. AT&T memanggil Call Protect mereka dan memberi tahu Anda ketika ada panggilan masuk yang meragukan.

Anda kemudian dapat memilih untuk mengabaikan nomor tak dikenal itu atau memasukkannya ke dalam daftar blokir permanen. T-Mobile memiliki Scam Block, yang mengawasi nomor scam yang diketahui dan mencegahnya masuk.

Layanan ini berkisar dari gratis hingga meninggalkan biaya tambahan (US $ 2,99) untuk tagihan bulanan.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alternatif Lain

Untuk pemblokiran yang lebih agresif, aplikasi pihak ketiga seperti Nomorobo dan RoboKiller memelihara database besar nomor scam dan menggunakannya untuk membandingkan panggilan masuk setelah robocall terdeteksi, panggilan itu akan terputus.

Jika Anda masih belum puas dengan salah satu opsi ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan peningkatan perangkat keras: Ponsel dari Samsung seperti Galaxy S dan Note menggunakan fitur Panggilan Cerdas untuk membatasi panggilan yang tidak diinginkan.

Orang-orang yang mendapat telepon dari telepon rumah konvensional juga tidak boleh putus asa. Layanan broadband seperti Spectrum (sebelumnya Time Warner Cable) memiliki versi Nomorobo yang akan memblokir panggilan dari nomor scam yang telah dikonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.