Sukses

6 Hal Ini Harus Dilakukan Jika Ada yang Mengikuti Mobil Anda

Sekitar 15 persen wanita dan enam persen pria di AS pernah diikuti mobilnya dari belakang oleh seseorang setidaknya sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya selebritas yang diintai. Sayangnya, sekitar 15 persen wanita dan enam persen pria di AS pernah diikuti mobil orang lain dari belakang oleh seseorang setidaknya sekali.

Diikuti saat mengemudikan mobil bisa membuat darah kita menjadi dingin, dan kita bisa dengan mudah salah mengambil langkah.

Bright Side telah meneliti apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dalam situasi yang begitu mengerikan.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Minggu (20/9/2020) berikut enam langkah yang harus diambil jika ada seseorang yang mengikuti mobil Anda:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konfirmasikan bahwa Anda sedang diikuti

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan memastikan Anda tidak terlalu banyak berpikir. Lakukan jalan memutar yang tidak akan dibuat oleh siapa pun secara kebetulan.

Misalnya, ambil 4 belokan ke kanan sehingga Anda akan berada di jalan yang sama. Atau jika Anda mengemudi di jalan raya, ambil jalan keluar, tetapi alih-alih keluar dari jalan raya, kembali ke jalan bebas hambatan.

Anda juga bisa pindah ke jalur kanan dan memperlambat. Mobil yang bergerak di belakang Anda harus lewat. Jika setelah tindakan ini, mobil yang sama masih ada di belakang Anda, ada kemungkinan itu bukan hanya imajinasi Anda, dan seseorang memang mengikuti Anda.

3 dari 6 halaman

2. Terus mengemudi

Pilihan teraman bagi Anda adalah melanjutkan perjalanan Anda. Jangan mencoba keluar dari mobil Anda karena seseorang mungkin menyerang Anda.

Pastikan untuk mengunci pintu dan menutup jendela, sebab hanya perlu beberapa detik bagi seseorang untuk memasuki mobil yang tidak terkunci.

4 dari 6 halaman

3. Jangan pulang

Ada kemungkinan orang yang mengikuti Anda tidak tahu banyak tentang Anda. Dan Anda mungkin tidak ingin menunjukkan tempat tinggal Anda kepada pengejar Anda, jadi tetaplah berada di jalan dengan lalu lintas tinggi.

Pilihan terbaik adalah berkendara ke kantor polisi dan menunggu di dalam mobil sampai petugas itu keluar dari gedung. Mereka akan mengantarmu masuk dengan aman.

5 dari 6 halaman

4. Cobalah Lakukan manuver

Lebih mudah untuk menjauh dari pengikut yang tidak diinginkan di jalan dengan banyak mobil dan rambu berhenti. Berusahalah untuk menyimpang karena pengikut tidak akan bisa melanggar peraturan mengemudi dan ini akan menarik perhatian yang tidak diinginkan.

Saat berhenti di lampu merah, bersiaplah untuk melakukan manuver mengelak. Jaga jarak dari mobil di depan Anda sehingga Anda dapat dengan cepat dan mudah berpindah jalur dan bersembunyi dari pengejar.

6 dari 6 halaman

5. Jangan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan mereka

Meskipun sulit untuk tetap berpikiran sehat, cobalah untuk tidak memprovokasi pengejar dan jangan mengungkapkan bahwa Anda tahu Anda sedang diikuti. Jangan terlalu sering melihat ke kaca spion, dan bertindak dan mengemudi seperti biasa. Akan lebih baik jika mereka mengira mereka tidak terekspos.

 

6. Bersiaplah untuk memanggil polisi

Ilustrasi Menyetir (iStockPhoto)

Tanpa menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan mobil di belakang Anda, cobalah untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, seperti penampilan pengemudi, model mobil, nomor plat, tempat Anda mengemudi, dan lain lain. Lalu hubungi polisi.

Apakah Anda pernah diikuti oleh seseorang saat mengemudi? Menurut Anda apa yang penting untuk diingat dalam situasi seperti itu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.