Sukses

Indonesia - AS Teken Kerangka Kerja Sama Penguatan Pembiayaan Infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia pada Jumat (18/9) menandatangani kerangka kerja sama untuk memperkuat pembiayaan infrastruktur dan pembangunan pasar.

Penandatanganan kerangka kerja sama itu dilakukan secara jarak jauh oleh Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven T. Mnuchin and Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Sabtu (19/9/2020).

Prakarsa kerja sama itu dirancang untuk mencapai tujuan bersama Amerika Serikat dan Indonesia dalam mendukung pembangunan infrastruktur melalui investasi berorientasi pasar sektor swasta.

Di bawah kerangka kerja sama tersebut, Amerika Serikat dan Indonesia akan mengatasi hambatan regulasi, pasar, dan legalitas terhadap investasi sektor swasta dengan berfokus pada pembangunan instrumen keuangan, pembiayaan proyek, pasar utang lokal, dan pasar modal.

"Pembangunan infrastruktur sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan pemulihan jangka panjang dari dampak COVID-19. Kerangka kerja ini mendukung pertumbuhan ekonomi dan tujuan kita bersama dalam upaya menjawab kebutuhan infrastruktur melalui investasi berorientasi pasar sektor swasta," ujar Menkeu AS Steven Mnuchin dikutip dari pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Sabtu (19/9/2020).

Pertemuan pertama Kelompok Kerja di bawah perjanjian kerangka kerja itu akan diadakan secara virtual pada 22-23 September 2020, menurut keterangan tersebut.

Keterlibatan dalam kerja sama di bidang infrastruktur itu diyakini akan mendukung Strategi Indo-Pasifik Pemerintah Amerika Serikat yang lebih luas, dengan melengkapi upaya yang sedang berlangsung di bawah Peningkatan Pembangunan dan Pertumbuhan Melalui Energi (Asia EDGE) dan Jaringan Transaksi dan Bantuan Infrastruktur (ITAN).

2 dari 3 halaman

Temui Donald Trump, Dubes Baru RI untuk AS Siap Perkuat Hubungan Bilateral

Hanya berselang tiga hari setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Dubes Muhammad Lutfi diterima oleh Presiden Donald Trump di Ruang Oval, Gedung Putih pada Kamis (17/9/2020) untuk menyerahkan Surat-surat Kepercayaan dari Presiden RI.

Penyerahan surat-surat ini menandai dimulainya secara resmi tugas Dubes Muhammad Lutfi sebagai Dubes RI untuk AS, menggantikan pejabat sebelumnya, Mahendra Siregar, yang telah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI sejak Oktober 2019 lalu.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: