Sukses

Bahasa Indonesia Masuk Daftar Paling Banyak Digunakan di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Apa bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Bahasa Indonesia salah satunya.

Bahasa secara historis menyebar melalui perdagangan, penaklukan, kolonisasi, imigrasi, dan interaksi budaya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan hampir 1,13 miliar penutur (sekitar 379 juta di antaranya adalah penutur asli).

Meskipun demikian, bahasa Inggris tidak menempati urutan pertama dalam hal jumlah penutur asli. Sebaliknya, bahasa tersebut telah menjadi terkenal sebagian besar dari popularitasnya sebagai subjek bahasa asing.

Berikut ini analisis bahasa paling populer di dunia dari segi penutur asli dan mereka yang telah mempelajari bahasa tersebut. Dengan kata lain paling banyak digunakan di dunia. Dikutip dari World Atlas, Kamis (17/9/2020):

1. Bahasa Inggris - 1,13 Miliar Penutur

Ilustrasi Kata-Kata Mutiara dalam bahasa Inggris. (Pixabay)

Bentuk bahasa Inggris yang paling awal diperkenalkan ke Inggris oleh penjajah secara berurutan. Dari suku Jermanik, Celtic, dan Viking hingga Normandia, bahasa Inggris berkembang dari beberapa pengaruh linguistik. Dari Inggris, bahasa menyebar melalui penjajahan penaklukan, perdagangan, dan interaksi.

Saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa bisnis internasional dan merupakan bahasa resmi utama di antara negara-negara lain di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namibia. Sebagian besar berkat globalisasi dan popularitas media Amerika dan Inggris, penggunaan bahasa Inggris semakin meningkat, terutama di kalangan anak muda.

2. Mandarin - 1,12 Miliar Penutur

Angpao berasal dari bahasa Mandarin yang berarti amplop merah. (dok. Instagram @ringan_tulungagung/https://www.instagram.com/p/BtPqmyWBgvk/Esther Novita Inochi)

Bahasa China Mandarin adalah bahasa lisan terpopuler kedua di dunia dengan total 1,12 miliar penutur.

Mandarin adalah bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar Asia. Dari asalnya di Tiongkok, lima bahasa Tiongkok utama (Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu, dan Hakka) juga digunakan secara luas di Taiwan, Singapura, dan Malaysia.

Bahasa China terdiri dari beberapa dialek, yang dapat sangat bervariasi satu sama lain. Mereka dapat ditulis dengan karakter tradisional, tetapi inisiatif pemerintah dari tahun 1949 yang dirancang untuk membuat bahasa lebih mudah dipelajari menghasilkan karakter yang lebih sederhana.

 

2 dari 6 halaman

3. Hindi - 615 Juta Penutur

Akar bahasa Hindi berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa awal yang digunakan oleh pemukim Arya di barat laut India sekitar tiga ribu tahun yang lalu.

Selama berabad-abad, bahasa Hindi dipengaruhi oleh Dravida, Turki, Portugis, Persia, Arab, dan Inggris. Dengan 615 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Hindi adalah bahasa dominan di India, dan juga digunakan di Nepal, AS, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

4. Spanyol - 534 Juta Penutur

Tersingkirnya La Furia Roja dari Piala Eropa membuat para fans Spanyol bersedih, termasuk wanita ini yang menutupi wajahnya dengan bendera. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bahasa Spanyol muncul di Semenanjung Iberia (sekarang, Spanyol dan Portugal) dari interaksi antara orang Celtic yang berbahasa Celtic dan orang Romawi yang berbahasa Latin.

Setelah invasi Arab Afrika Utara dan suku-suku Jerman, dialek Kastilia muncul yang membawa bahasa Spanyol standar. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di Spanyol dan banyak negara Amerika Latin seperti Argentina, El Salvador, Chile, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.

Faktanya, negara-negara seperti Meksiko dan Kolumbia, bekas koloni Spanyol, memiliki lebih banyak penutur asli bahasa Spanyol daripada Spanyol itu sendiri, di mana dialek seperti Catalan dan Basque juga digunakan.

 

3 dari 6 halaman

5. Prancis - 280 Juta Penutur

Bahasa Roman Prancis dituturkan oleh sekitar 280 juta orang di seluruh dunia.

Secara historis, bahasa Prancis diadopsi oleh kelompok Frank Jerman yang menyerang, dan dipengaruhi oleh unsur-unsur Jermanik, Latin, dan bahasa Galia.

Selain asalnya di Prancis, bahasa Prancis juga digunakan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti. Bahasa Prancis adalah bahasa kedua yang umum atau bahkan kadang-kadang bahasa pertama di banyak negara Afrika karena kolonisasi ekstensif di sana.

6. Bahasa Arab Standar - 274 Juta Penutur

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Bahasa Arab Standar adalah bagian dari bahasa Semit yang berasal dari Jazirah Arab.

Suku nomad di Jazirah Arab memfasilitasi penyebaran bahasa ini saat mereka berpindah dari satu daerah ke daerah lain.

Bahasa Arab digunakan secara luas di Timur Tengah dan beberapa negara Asia, termasuk Uni Emirat Arab, Irak, Arab Saudi, Yaman, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran, dan Indonesia. Ada juga banyak dialek bahasa Arab selain bahasa Arab Standar yang digunakan di berbagai daerah. Jika semua dialek itu dimasukkan ke dalam hitungan, jumlah penutur bahasa Arab lebih tinggi dari 274 juta.

4 dari 6 halaman

7. Bengali - 265 Juta Penutur

Bahasa Bengali dituturkan oleh sekitar 265 juta orang di seluruh dunia.

Bahasa ini adalah Indo-Arya dan diturunkan dari dialek Sanskerta dan Magadhi Prakrit yang digunakan di Bengal. Bengali adalah bahasa resmi di Bangladesh dan digunakan secara luas di India dan Sierra Leone serta di Inggris, AS, dan Timur Tengah.

8. Rusia - 258 Juta Penutur

Ilustrasi Rusia dan Bendera Rusia (AP PHOTO/Alexander Zemlianichenko)

Bahasa Rusia adalah Slavia, dari keluarga linguistik Indo-Eropa. Ini dikembangkan dari dialek Polania, yang populer di Kyiv, ibu kota negara Slavia Timur pertama 1.000 tahun yang lalu, Kyivan Rus. Bahasa Rusia adalah bahasa resmi Rusia dan juga digunakan di Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Lituania, negara-negara bekas Uni Soviet.

5 dari 6 halaman

9. Portugis - 234 Juta Penutur

Bahasa Portugis adalah bahasa kesembilan yang paling umum digunakan di dunia.

Bahasa Portugis adalah bahasa Roman yang berkembang di wilayah barat Semenanjung Iberia (sekarang Portugal dan Spanyol). Ini adalah bahasa resmi di Portugal serta Angola, Brasil, Cape Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau sebagai hasil dari penjajahan Portugis.

10. Bahasa Indonesia - 199 Juta Pembicara

Ilustrasi bendera Indonesia. (Photo by crysia . on Unsplash)

Bahasa Indonesia adalah dialek Bahasa Melayu dan satu-satunya dari rumpun bahasa Austronesia yang muncul dalam daftar sepuluh bahasa yang paling banyak digunakan.

Selama berabad-abad digunakan di kepulauan Indonesia sebagai Lingua Franca, yang berarti bahasa yang digunakan penutur asli dari berbagai bahasa untuk berkomunikasi.

Pada tahun 1945, ketika Indonesia dinyatakan merdeka dari Belanda, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara. Biasanya mendengar dan melihat bahasa Indonesia di daerah perkotaan yang lebih besar, sedangkan daerah pedesaan dan kota cenderung menggunakan satu atau lebih bahasa daerah negara tersebut.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa ada ribuan bahasa di dunia, ketika begitu banyak dari kita di negara-negara berbahasa Inggris beruntung mengetahui dua, apalagi tiga

Di Kota New York saja, diperkirakan lebih dari 800 bahasa dapat didengar. Banyak bahasa Pribumi juga terancam punah karena kurangnya penutur asli untuk membuatnya tetap berkembang, dan dominasi bahasa seperti Inggris atau Spanyol di wilayah tersebut.

Berkomitmen untuk mempelajari bahasa, baik bahasa nenek moyang Anda atau hanya salah satu minat, merupakan aktivitas yang memperkaya dan bermanfaat.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: