Sukses

Relawan Jatuh Sakit, Uji Coba Vaksin Virus COVID-19 dari Oxford Dihentikan Sementara

Uji coba vaksin Virus Corona baru buatan Oxford dihentikan sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Uji klinis terakhir untuk vaksin Virus Corona COVID-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford telah ditunda, setelah seorang peserta mengalami reaksi negatif di Inggris.

AstraZeneca menggambarkannya sebagai jeda "rutin" dalam kasus "penyakit yang tidak dapat dijelaskan". Demikian seperti mengutip laman BBC, Rabu (9/9/2020). 

Vaksin AstraZeneca-Oxford University dipandang sebagai pesaing kuat di antara lusinan vaksin yang sedang dikembangkan secara global.

Semua situs uji coba internasional telah ditunda sementara penyelidikan independen meninjau data keamanan sebelum regulator memutuskan apakah uji coba dapat dimulai kembali.

"Dalam uji coba besar, penyakit akan terjadi secara kebetulan tetapi harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan hati-hati," kata juru bicara Universitas Oxford.

Ini adalah kedua kalinya uji coba vaksin virus corona Oxford ditunda. Peristiwa semacam itu rutin dalam uji coba besar, dan terjadi setiap kali sukarelawan dirawat di rumah sakit ketika penyebab penyakit mereka tidak segera terlihat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Harapan

Harapan tinggi bahwa vaksin tersebut mungkin menjadi salah satu yang pertama datang di pasar, setelah pengujian tahap 1 dan 2 yang berhasil.

Perpindahannya ke pengujian Fase 3 dalam beberapa pekan terakhir telah melibatkan sekitar 30.000 peserta di AS serta di Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan. Uji coba fase 3 dalam vaksin seringkali melibatkan ribuan peserta dan dapat berlangsung selama beberapa tahun.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Virus Corona COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.