Sukses

Laporan CDC AS Ungkap Infeksi Corona COVID-19 pada Pekerja RS Sering Tak Terdeteksi

Sebuah laporan penelitian baru dari CDC AS ungkap infeksi Virus Corona COVID-19 pada pekerja rumah sakit sering tidak terdeteksi.

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah besar kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di kalangan petugas kesehatan di AS dilaporkan tidak terdeteksi.

Hal itu dipaparkan dalam laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Pada periode April-Juni, di antara lebih dari 3.000 pekerja medis garis depan di 12 negara bagian AS, sekitar 1 dari 20 memiliki bukti antibodi dari infeksi COVID-19, menurut laporan Morbiditas dan Mortalitas Mingguan CDC yang dirilis pada 31 Agustus 2020.

Namun, diagnosis untuk 69 persen dari infeksi tersebut tidak pernah dilakukan.

Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan bahwa di antara mereka yang memiliki antibodi terhadap Virus Corona COVID-19, sekitar sepertiga tidak mengingat pernah mengalami gejala pada bulan-bulan sebelumnya.

Tak hanya itu, hampir setengahnya bahkan tidak mencurigai bahwa mereka telah terinfeksi. Sementara sekitar dua pertiga tidak pernah dinyatakan positif COVID-19, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (1/9/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedikit Gejala pada Infeksi

Para penulis penelitian itu juga memaparkan, karena beberapa infeksi kemungkinan hanya menunjukkan sedikit gejala atau tanpa gejala, yang membuat infeksi di antara petugas kesehatan garis depan tidak terdeteksi.

Selain itu juga, akses untuk dites mungkin tidak didapatkan oleh petugas kesehatan yang memiliki gejala.

Dalam penelitian tersebut, antibodi COVID-19 pun lebih sering ditemukan pada petugas yang melaporkan kekurangan APD, sementara pekerja yang mengenakan masker wajah saat melayani semua pasien, hal itu jarang muncul.

Kendati demikian, para peneliti menyerukan meningkatkan frekuensi pengujian kepada nakes, dan penggunaan masker di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.