Sukses

Awas, Ini 7 Makanan yang Ternyata Berbahaya bagi Hewan Peliharaan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering menganggap hewan peliharaan sebagai anggota keluarga. Walaupun begitu, tak bisa dipungkiri bahwa kondisi tubuh mereka berbeda dengan manusia. Sehingga sejatinya membutuhkan rangkaian nutrisi yang berbeda.

Kita mungkin memberikan susu untuk kucing atau selai kacang untuk anjing sebagai hadiah spesial.

Tetapi pertanyaan sebenarnya adalah apakah kita membantu atau justru menyakiti hewan peliharaan?

Melansir Bright Side, Rabu (19/8/2020), berikut adalah 7 makanan yang kita anggap biasa namun justru berpotensi membahayakan hewan peliharaan kita:

2 dari 8 halaman

1. Kacang

Kacang berpotensi bagi hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing.

Jenis kacang-kacangan yang paling berbahaya adalah kacang kalengan lantaran mengandung bahan pengawet dan garam, yang berbahaya bagi hewan peliharaan.

Misalnya, setengah cangkir kacang kalengan mengandung sekitar 400 hingga 500 miligram natrium. Tetapi toleransi natrium hewan peliharaan sangat rendah.

Jika hewan peliharaan Anda menyukai kacang, pilihlah kacang hijau, lentil atau kacang kering. Rasa kacang yang diberikan tidak boleh terlalu asin atau berasal dari kaleng-kalengan. Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa kacang-kacangan harus diberikan kepada hewan peliharaan Anda dalam jumlah yang sangat sedikit.

3 dari 8 halaman

2. Tuna Kaleng

Pencinta ikan tuna terbesar adalah kucing, tetapi bahkan anjing terkadang menganggapnya sebagai suguhan.

Meskipun kucing Anda sangat menginginkan jenis makanan tersebut, mereka tidak boleh diberi makan tuna kalengan setiap hari karena dapat menyebabkan keracunan akibat merkuri, terutama jika mengandung garam atau minyak.

4 dari 8 halaman

3. Selai Kacang

Biasanya, anjing menyukai selai kacang sebagai camilan.

Tetapi beberapa produsen belakangan kerap menambahkan kandungan xylitol ke produk ini, yang beracun bagi hewan peliharaan.

Xylitol adalah pemanis yang digunakan sebagai pengganti gula karena dinilai memiliki kalori yang lebih rendah. Xylitol dapat menyebabkan gula darah rendah dan gagal hati pada hewan peliharaan.

5 dari 8 halaman

4. Adonan Roti Mentah

Adonan roti mentah yang mengandung ragi dapat menyebabkan keracunan pada anjing. Adonan bisa mengembang di perut anjing dan menyebabkan perut kembung.

Saat ragi berfermentasi, etanol darah dapat meningkat ke tingkat racun.

Sel ragi akan menghasilkan etanol yang menyebabkan kurangnya koordinasi sehingga mengakibatkan muntah.

6 dari 8 halaman

5. Susu

Memberi susu dalam jumlah banyak bisa menimbulkan masalah yang berarti bagi hewan peliharaan Anda. 

Pada akhirnya, produk ini mengandung lemak yang dapat memicu terjadinya obesitas.

Memberikan semangkuk penuh untuk hewan peliharaan Anda dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan muntah. Anda perlu mengingat bahwa sistem pencernaan mereka seperti manusia yang bisa jadi tidak toleran terhadap laktosa. Faktanya, hampir semua kucing memiliki intoleransi laktosa.

7 dari 8 halaman

6. Daging Mentah

Makanan mentah untuk hewan peliharaan masih menjadi perdebatan.

Di satu sisi, ini adalah sumber protein yang baik, tetapi di sisi lain, daging mentah memiliki bakteri yang dapat mengganggu pencernaan hewan peliharaan Anda. Jenis bakteri tertentu dapat menyebabkan penyakit.

Masalah lain dari daging mentah adalah kemungkinan adanya tulang-tulang kecil yang kemungkinan akan membuat tersedak.

8 dari 8 halaman

7. Jeruk

Jeruk jenis apa pun akan beracun bagi kucing dan bisa menyebabkan kulit terbakar setelah terpapar sinar matahari.

Selain itu, setelah makan bagian mana pun dari jeruk lemon, mereka mungkin akan merasa lemah, depresi, muntah, dan tremor.