Sukses

Putra Mahkota Arab Saudi Beri Ucapan Selamat HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ke Jokowi

Kerajaan Arab Saudi memberi ucapan selamat Hari Kemerdekaan RI ke-75.

Liputan6.com, Riyadh - Para petinggi berbagai negara memberikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi juga telah mengirimkan pesan kepada Indonesia. 

Dilansir Saudi Press Agency, Senin (17/8/2020), Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud menyampaikan pesan tersebut kepada Presiden Joko Widodo pada Minggu 16 Agustus. Pesan itu berupa ucapan selamat dan kesehatan.

"Putra Mahkota berharap Presiden senantiasa sehat dan bersukacita dan rakyatnya selalu maju dan makmur," tulis pesan dari putra mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Pangeran Mohammed bin Salman yang juga dikenal dengan inisialnya, yakni MbS, merupakan Putra Mahkota, Deputi Perdana Menteri, sekaligus Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi.  

Pada saat yang sama, Arab Saudi turut memberikan selamat HUT Kemerdekaan kepada Gabon. Negara Afrika Tengah itu mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1960.  

HUT Kemerdekaan Indonesia tahun dirayakan secara virtual akibat pandemi COVID-19. Tamu yang menghadiri upacara bendera di Istana Merdeka Jakarta juga dibatasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Upacara HUT ke-75 RI di Istana Hanya 67 Orang

Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI akan dilangsungkan besok di Istana Negara Jakarta. Istana mengonfirmasi, bukan hanya jumlah peserta hadir dibatasi, namun juga petugas upacara. Menurut surat edaran menteri sekretaris negara, petugas upacara di Istana, total hanya berjumlah 67 orang.

Rinciannya, satu orang Komandan upacara. Tiga orang pangibar bendera pusaka. Diketahui mereka berasal dari cadangan Paskibraka tahun 2019. 

Kemudian, 20 orang pasukan upacara: 20 orang terdiri dari TNI/Polri. Selanjutnya, 24 orang korps musik, dua orang pembawa acara, dan 17 orang anggota TNI sebagaipsukan pelaksana tembakan kehormatan saat detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Surat edaran tersebut menegaskan, bahwa seluruh petugas upacara HUT RI wajib memakai masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.