Sukses

Warna Apa yang Paling Banyak Digunakan dalam Bendera Negara di Dunia?

Tahukah Anda apa warna yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di dunia? Ini jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta - Desain bendera adalah bagian yang paling terlihat dari sebuah bendera. Warna pada sebuah bendera adalah bagian yang paling terlihat dari desain tersebut.

Seperti yang kita ketahui dari prinsip desain bendera, biasanya menggunakan dua atau tiga warna dari standar desain bendera, demikian dikutip dari laman colinsflags, Kamis (13/8/2020).

Namun, tahukah Anda apa warna yang paling banyak digunakan oleh negara-negara di dunia?

Warna bendera nasional yang paling umum adalah merah, putih dan biru. Warna-warna ini dapat digunakan secara individual atau bersama-sama.

Mari kita lihat beberapa warna bendera nasional yang paling umum dan artinya masing-masing.

Merah

Warna paling utama yang digunakan pada bendera paling terkenal adalah Kanada. Bendera Kanada menggabungkan simbolisme yang bermakna dengan penggunaan warna yang sederhana.

Itu juga salah satu dari sedikit bendera nasional dengan kompinasi dua warna. Merah adalah salah satu warna nasional Kanada dan melambangkan ketangguhan, keberanian, kekuatan, dan keberanian.

Mirip dengan bendera Kanada, bendera Tiongkok hanya menggunakan dua warna dalam desain benderanya. Merah adalah warna tradisional budaya Tionghoa, tetapi merah pada bendera China melambangkan revolusi komunis.

Bendera penting lainnya yang menggunakan merah sebagai warna dominan meliputi: Austria, Denmark, Latvia, Spanyol, Turki, dan Vietnam.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putih

Putih adalah warna yang paling banyak digunakan pada sebuah bendera, tetapi umumnya digunakan sebagai warna sekunder atau pelengkap.

Bendera Jepang adalah salah satu bendera paling terkenal di dunia, tetapi juga merupakan salah satu desain bendera yang paling sederhana. Putih pada bendera melambangkan kejujuran, kemurnian dan integritas.

Bendera Finlandia merupakan salah satu bendera yang memiliki kemiripan desain dengan bendera nasional lainnya. Warna putih di bendera melambangkan salju yang menutupi seluruh negeri di musim dingin.

Biru

Selain itu ada biru. Bendera Yunani adalah salah satu desain bendera paling banyak garis. Dengan garis-garis bergantian yang dicampur dengan pola salib. Warna putih dan biru pada bendera melambangkan laut, langit, awan, dan ombak.

Bendera Australia adalah desain bendera rumit lainnya, tetapi juga salah satu yang paling dikenal, terutama karena Union Jack di kuadran kiri atas bendera. Biru pada bendera melambangkan kebenaran, keadilan dan ketekunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.