Sukses

5 Sejarah Aneh di Balik Kata-Kata Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa Inggris terkenal sulit dipelajari. Pertama, penuh dengan idiom-idiom serta ungkapan-ungkapan aneh.

Kedua, sungguh mengejutkan, mencengangkan, hebat, dan menyedihkan bahwa kita memiliki begitu banyak sinonim. Banyak dari kesulitan ini muncul dari fakta bahwa bahasa Inggris didasarkan pada kombinasi bahasa yang berbeda.

Kadang-kadang, kita dapat dengan mudah melihat kesamaan antara kata-kata dalam bahasa Inggris dan bahasa lain. Terkadang, sejumlah kata-kata dalam Bahasa Inggris memiliki sejarah dan cerita. Kadang, ceritanya begitu aneh dan sulit diterima logika kita.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Senin (10/8/2020) berikut cerita aneh di balik 5 kata dalam Bahasa Inggris:

 

2 dari 7 halaman

1. Lesbian

Kata "lesbian" yang digunakan untuk menggambarkan wanita yang mencintai wanita lain, berasal dari pulau Lesbos di Yunani.

Sekitar 600 SM, seorang penyair bernama Sappho tinggal di pulau ini. Sebagian besar puisinya hilang dari waktu ke waktu, tetapi peneliti telah mengumpulkan penggalan karyanya dari penulis lain yang mengutip dalam karya-karya mereka.

Sebagian besar tulisannya tentang wanita, dan banyak dari puisinya cukup berisi tentang cinta. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa dia mungkin seorang homoseksual.

Menurut beberapa catatan, dia mungkin telah menikah dan memiliki seorang putri. Tetapi sulit untuk mengumpulkan potongan-potongan yang ada tentang Sappho.

 

3 dari 7 halaman

2. Walrus

Sebelum menulis The Lord of the Rings, penulis J.R.R. Tolkien bekerja untuk Oxford English Dictionary. Sebagai bagian dari tugasnya, dia harus mengungkap sejarah kata-kata yang dimulai dengan huruf W, termasuk "walrus".

Tolkien menemukan berbagai sejarah di balik kata yang tampaknya sederhana ini. Dia percaya bahwa kemungkinan besar "walrus" berasal dari hrossvalir, sebuah kata Norse Kuno yang diterjemahkan menjadi "kuda-paus."

Paus masuk akal karena walrus juga besar dan memiliki sirip. Tapi bagian kudanya membingungkan. Yang benar-benar kita ketahui adalah bahwa seseorang dahulu kala mungkin melihat makhluk berkumis besar dengan gading raksasa dan berpikir bahwa perbandingan terbaik dengan hewan darat adalah kuda.

Meskipun Tolkien memutuskan etimologi paus-kuda dari "walrus" sebagai yang paling masuk akal, dia bersusah payah untuk mengambil keputusan ini selama beberapa waktu. Kabarnya, dia memiliki lebih dari enam versi sejarah kata ini, beberapa di antaranya masih ada di arsip Oxford English Dictionary.

 

4 dari 7 halaman

3. Muscle

Saat Anda melihat orang yang besar dan berotot, gambar pertama yang muncul di kepala Anda kemungkinan besar bukan tikus kecil mungil.

Oleh karena itu, mungkin akan mengejutkan jika Anda mengetahui bahwa kata "muscle" yang berarti otot berasal dari kata Latin musculus ("tikus kecil").

Alasan hubungan aneh antara otot dan tikus ini adalah karena penampilan. Nenek moyang kita hanya mengira bahwa otot bisep yang tertekuk sangat mirip dengan tikus kecil yang bergerak di bawah kulit seseorang.

 

5 dari 7 halaman

4. Cancer

Hubungan antara tanda astrologi Cancer dan penyakit dengan nama yang sama didasarkan pada kepiting. Kata "kanker" berasal dari cancer kata Latin yang berarti "kepiting".

Tanda astrologi Cancer didasarkan pada konstelasi yang seharusnya terlihat seperti kepiting, meskipun sebenarnya lebih terlihat seperti huruf Y yang terbalik di langit. Dalam mitologi Yunani, Heracles menghancurkan kepiting musuh raksasa di bawah kakinya selama pertempuran dengan Ular naga.

Setelah itu, Hera menghadiahi kepiting itu atas jasanya dengan menempatkan sisa-sisanya di langit di antara bintang-bintang. Itu menjadi konstelasi Cancer.

 

6 dari 7 halaman

5. Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk dan ditandai dengan demam berulang, anemia, dan penyakit kuning.

Namun, sejarah di balik nama penyakit ini berawal dari kesalahpahaman tentang penyebabnya. Sebelum kita mengetahui bahwa nyamuk bertanggung jawab dalam menginfeksi manusia dengan malaria, ada yang disebut teori miasma.

Menurut teori ini, bahan yang membusuk mengeluarkan uap beracun yang menyebabkan penyakit seperti malaria dan kolera. Kata "malaria" berasal dari bahasa Italia mala aria (udara buruk).

Uap yang terlibat dalam teori racun sering dikaitkan dengan rawa-rawa. Banyak ditemukan pembusukan di daerah basah ini, dan masyarakat yang tinggal di dekat rawa sering jatuh sakit. Penyebab sebenarnya? Nyamuk suka bertelur di dekat genangan air yang ditemukan di rawa-rawa.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: