Sukses

KBRI Beijing Pantau Kondisi WNI Pertama Positif COVID-19 di China

Pria 63 tahun itu menjadi WNI pertama yang positif COVID-19 di China sejak mewabah pada Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta Seorang warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 di Beijing, China. Pria 63 tahun itu menjadi WNI pertama yang positif COVID-19 di China sejak mewabah pada Desember 2019.

Kedutaan Besar RI di Beijing terus memantau kasus WNI positif COVID-19 itu. "KBRI sudah monitor dan terus monitor," ujar Wakil Duta Besar RI di Beijing Dino Kusnadi, Rabu (29/7/2020).

Menurut dia, WNI tersebut kini dalam kondisi baik.

Deputi Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kota Beijing, Pang Xinghuo menyebutkan, seorang WNI itu dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Beijing melalui Hong Kong. 

"Secara detail satu kasus impor sebagai berikut, seorang pria berusia 63 tahun berkewarganegaraan Indonesia," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WNI Pertama Positif COVID-19 di China

Pria tersebut terbang dari Jakarta menuju Hong Kong pada Minggu 26 Juli dan kemudian berpindah pesawat Cathay Pacific Dragonair untuk melanjutkan perjalanan menuju Beijing pada hari yang sama.

Setibanya di Beijing pada Senin 27 Juli, pria tersebut dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes asam nukleat. Kemudian menurut Pang, pria tersebut segera dilarikan ke Rumah Sakit Ditan, Beijing, dengan mobil ambulans, seperti dilansir Antara.

Sejak wabah tersebut berjangkit pada Desember 2019, baru satu WNI ini yang dinyatakan positif di Negeri Tirai Bambu.

Sampai saat ini, belum ada penerbangan langsung dari China ke Indonesia atau arah sebaliknya, baik oleh maskapai China maupun Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.