Sukses

Potret Menakjubkan Komet Neowise yang Hanya Bisa Disaksikan Sekali Seumur Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Pencinta fenomea langit kini tengah disuguhi pemandangan langka nan menakjubkan. Sebuah komet spektakuler kini tengah melintasi planet manusia.

Komet yang secara resmi dikenal sebagai C / 2020 F3 (NEOWISE) atau disebut komet Neowise itu pertama kali terdeteksi pada Maret 2020 oleh satelit NASA NEOWISE. Komet itu akan berada paling dekat dengan Bumi pada 23 Juli, sekitar 103 juta kilometer. 

NEOWISE merupakan misi NASA yang berupaya mengenali komet dan asteroid yang bisa menghapus kehidupan di Bumi. Tapi jangan khawatir, "(Komet Neowise) Ini dipastikan tidak akan menabrak Bumi," ujar Amy Mainzer, peneliti utama untuk misi NEOWISE. 

Sebaliknya, jelas dia, komet itu memberikan titik terang yang tak terduga dalam kehidupan para astronom yang dikarantina. Komet Neowise berasal dari bagian gelap tata surya yang dikenal sebagai Oort Cloud - sebuah kuburan es miliaran mil yang dipenuhi dengan komet dan asteroid kuno.

Komet Neowise melesat ke tata surya bagian dalam, dan para astronom menyaksikan ketika melewati matahari pada jarak yang lebih dekat dari planet Merkurius.

"Tentu saja, pertanyaan yang kami tanyakan adalah, 'Apakah akan bertahan? Atau apakah matahari akan mencairkannya seperti es batu pada hari musim panas Tucson?", kata Mainzer yang merupakan seorang profesor di Universitas Arizona.

Sejak terdeteksi pada Maret 2020, Komet Neowise ternyata mampu bertahan, sebagian besar berkat ukurannya, dan sekarang melintas di dekat Bumi. Mainzer mengatakan, komet itu terlihat sangat kaya akan karbon, sehingga penampilannya hampir kotor jika dilihat dari dekat. Tetapi sinar matahari membuatnya terlihat, bahkan dengan mata telanjang.

"Awalnya terlihat seperti titik kabur kecil, dan kemudian Anda akan melihat bahwa ia memiliki ekor panjang dan bergaris-garis," katanya.

Saat ini, Komet Neowise muncul di malam hari, terutama di belahan Bumi utara. Mainzer mengatakan, dia tidak bisa memprediksi berapa lama komet itu akan tetap terlihat. Kecerahannya tergantung pada jaraknya dari matahari dan Bumi, serta komposisinya.

Komet Neowise hanya dapat disaksikan penduduk Bumi saat ini hanya sekali dalam seumur hidupnya. Sebab, komet ini tidak akan melewati Bumi lagi dalam kurun waktu sekitar 6.800 tahun.

Berikut ini sejumlah potret penampakan Komet Neowise yang berhasil diabadikan di sejumlah tempat di Bumi, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020):

2 dari 7 halaman

Komet Neowise di atas Gunung Washington dekat Springfield.

3 dari 7 halaman

Komet Neowise terlihat dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

4 dari 7 halaman

Komet Neowise diabadikan saat melintas di atas Colorado National Monument dekat Grand Junction, Colorado.

5 dari 7 halaman

Komet Neowise melesat di atas monumen batu bersejarah Stonehenge di Salisbury, Inggris.

6 dari 7 halaman

Komet Neowise terlihat di dekat desa Turets, Belarus.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: