Sukses

Petahana Andrzej Duda Terpilih Lagi, Jadi Presiden Polandia 2 Periode

Petahana, Andrzej Duda telah meraih kemenangan dalam pemilihan presiden Polandia dalam pilpres putaran kedua pada 12 Juli 2020.

Liputan6.com, Warsaw- Petahana, Andrzej Duda telah meraih kemenangan pada pemilihan presiden Polandia, dalam pilpres putaran kedua pada 12 Juli yang berlangsung sengit. Ia mengungguil Wali Kota liberal Warsawa, menurut penghitungan suara yang hampir lengkap.

Dikutip dari Associated Press, Senin (13/7/2020), Andrzej Duda akan menjadi Presiden Polandia untuk kedua kalinya, hingga lima tahun ke depan.

Andrzej Duda memiliki 51,21 persen suara dari 99,97% distrik, kata komisi pemilihan Polandia. Ia mengungguli pesaingnya, Rafal Trzaskowski, yang meraih 48,79 persen suara.

Hasil resmi akhir hanya akan diumumkan kemudian, menurut pernyataan kepala komisi pemilihan, Sylwester Marciniak. 

Hasil perhitungan suara bisa sedikit berbeda, kata Marciniak, tetapi Andrzej Duda sudah unggul dengan memiliki hampir setengah juta suara lebih banyak daripada Rafal Trzaskowski. 

Selain itu, kemenangan Andrzej Duda juga merupakan akhir dari kampanye sengit yang didominasi oleh isu-isu budaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Berpengaruh

Dukungan yang berpengaruh pun melibatkan media pemerintah dan gereja Katolik untuk Andrzej Duda Duda, yang berasal dari Partai Hukum dan Kehakiman. 

Partai yang menaungi Andrzej Duda Duda tersebut, berfokus pada kebijakan sosial, nilai-nilai tradisional dan yudisial. 

Tetapi beberapa pihak di Uni Eropa sempat mengkritiknya, dimana kebijakan itu termasuk mengecualikan hak-hak komunitas LGBT.

Sementara pesaing Andrzej Duda, Rafal Trzaskowski, berjanji saat kampanye nya untuk melindungi nilai-nilai demokrasi di Polandia dan menyatukan masyarakat, sambil menjaga kebijakan kesejahteraan rakyat.

Rafal Trzaskowski dinaungi oleh Partai Platform Sipil, yang berkuasa mulai 2007 hingga 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini