Sukses

PBB: Penarikan Diri AS dari WHO Bakal Mulai Berlaku pada Juli 2021

AS telah secara resmi menarik diri dari WHO.

Liputan6.com, New York - PBB menyatakan bahwa Amerika Serikat akan meninggalkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 6 Juli 2021. 

Hal ini disampaikan setelah pihaknya menerima pemberitahuan keputusan oleh Presiden Donald Trump, yang menuduh badan tersebut menjadi boneka untuk China selama pandemi Virus Corona COVID-19. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Rabu (8/7/2020). 

Trump, yang mengumumkan keputusan itu lebih dari sebulan yang lalu, harus memberikan pemberitahuan satu tahun lebih awal tentang penarikan AS dari badan yang bermarkas di Jenewa dan membayar semua iuran Washington berdasarkan resolusi bersama 1948 dari Kongres AS.

Amerika Serikat saat ini berhutang kepada WHO hingga lebih dari US $ 200 juta dalam kontribusi yang dinilai, menurut situs web WHO.

Setelah lebih dari 70 tahun menjadi anggota, Amerika Serikat memutuskan untuk keluar dari WHO di tengah meningkatnya ketegangan dengan China terkait pandemi Virus Corona baru. 

WHO telah membantah pernyataan Trump bahwa mereka mempromosikan "disinformasi" China tentang virus itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuduhan Trump Terhadap WHO

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi menggambarkan penarikan resmi Trump sebagai "tindakan tidak masuk akal yang sesungguhnya ketika WHO mengoordinasikan perjuangan global melawan COVID-19".

"Dengan jutaan nyawa dalam bahaya, Presiden melumpuhkan upaya internasional untuk mengalahkan virus itu," pemimpin Demokrat itu memposting di Twitter.

Sejauh ini telah ada hampir 12 juta kasus Virus Corona baru dan lebih dari 540.000 kematian diketahui di seluruh dunia, dengan sekitar 25 persen dari kedua kasus dan kematian di Amerika Serikat.

Keputusan Trump dapat dibatalkan sebelum berlaku jika ia dikalahkan oleh saingannya dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden, dalam pemilihan pada November mendatang.

Seperti diketahui, Trump telah menghentikan pendanaan untuk organisasi itu pada April lalu dalam suratnya yang memberi WHO 30 hari untuk berkomitmen pada reformasi. Dia mengumumkan Amerika Serikat akan berhenti kurang dari dua minggu kemudian.

Wakil Presiden Mike Pence ketika ditanya dalam wawancara dengan Fox News Channel apakah itu waktu yang tepat untuk memutuskan hubungan dengan WHO, mengatakan: "Ini benar-benar waktu yang tepat."

"Organisasi Kesehatan Dunia mengecewakan dunia ... Pasti ada konsekuensinya," kata Pence.

WHO adalah badan internasional independen yang bekerja dengan PBB. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa WHO "sangat kritis terhadap upaya dunia untuk memenangkan perang melawan COVID-19".

"Sekretaris Jenderal ... sedang dalam proses verifikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia apakah semua persyaratan untuk penarikan seperti itu dipenuhi," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Sejak menjabat, Trump juga telah keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, badan budaya PBB, perjanjian global untuk mengatasi perubahan iklim dan kesepakatan nuklir Iran. Dia juga telah memotong dana untuk dana populasi PBB dan badan PBB yang membantu pengungsi Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.