Sukses

4 Gempa Bumi yang Mengguncang Indonesia Hari Ini Disorot Media Asing

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia diguncang empat gempa pada hari ini, Selasa (7/7/2020). Lindu tersebut meliputi wilayah Jepara Jawa Tengah, Rangkasbitung Jawa Barat, Pangandaran Jawa Barat dan Bengkulu Sumatra Selatan.

Kabar gempa yang melanda empat wilayah di Indonesia ini menjadi sorotan media asing. Laman The Hindu misalnya, dalam artikel bertajuk "Magnitude 6.6 earthquake rocks Indonesia; tsunami unlikely" memberitakan gempa di Laut Jawa.

"Gempa bawah laut yang kuat telah menghantam pantai pulau Indonesia yaitu Jawa, tetapi tidak korban jiwa atau kerusakan serius yang dilaporkan," tulis media tersebut.

Situs Volcano Discovery juga memuatnya dalam tulisan "mag. 6.6 earthquake - Java Sea (Indonesia) on Monday, 6 July 2020".

Thehindu.com menyebut juga bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia mengatakan gempa itu berkekuatan magnitudo 6,1 dan tidak memicu tsunami.

"Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,6 dan menghantam sekitar 93,8 kilometer utara Batang, sebuah kota pantai di provinsi Jawa Tengah. Dikatakan itu berpusat di kedalaman sekitar 528 kilometer," jelasnya.

Media Online NDTV juga memuatnya dengan kekuatan gempa serupa dalam artikel bertajuk Earthquake With Magnitude 6.1 Strikes Near Indonesia's Jakarta.

Sementara itu, media asal China yaitu Xinhua menyoroti gempa yang menimpa masyarakat di Jawa Barat.

"Sebuah gempa bumi dengan magnitudo 5,1 terjadi di 9 km sebelah timur Rangkasbitung, Indonesia pada 04.44 GMT hari Selasa, menurut Survei Geologi AS," demikian ditulis dalam artikel 5.1-magnitude quake hits Rangkasbitung, Indonesia.

"Episentrum dengan kedalaman 113,16 km, pada awalnya ditentukan berada pada 6,37 derajat lintang selatan dan 106,3378 derajat bujur timur," tambah media tersebut.

Situs United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa lain di Indonesia pada hari ini, tepatnya di Enggano, Bengkulu.

Gempa ini disebutkan bersumber dari titik 283 km dari Bandar Lampung pada pukul 13.16 WIB. Tercatat gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,1.

Sementara itu laporan dari BMKG juga sama, pusat gempa berada di 250 km tenggara Enggano, Bengkulu atau pada koordinat 7.47 lintang selatan (LS) dan 103.02 bujur timur (BT).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa Bengkulu terjadi pada Selasa (7/7/2020) pukul 13:16:22 WIB.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami. Kendati, belum ada laporan resmi terkait dampak yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Terkait gempa di Pangandaran, situs USGS mencatat titik posisinya ada di jarak 239 km dari Singaparna. Gempa ini berkekuatan magnitudo 4,8. Dengan pusat gempa ada di kedalaman 10 km.

 

2 dari 3 halaman

Gempa Rangkasbitung Terasa Hingga Jakarta

Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Rangkasbitung, Banten pada Selasa 7 Juli 2020 pukul 11:44:14 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa berada di koordinat 6.69 lintang selatan (LS) dan 106.14 bujur timur (BT) atau 18 km barat daya Rangkasbitung.

"Pusat gempa berada di 18 km barat daya Rangkasbitung, Banten, 95 km barat daya Jakarta, dengan kedalaman 82 Km,” tulis BMKG.

Gempa bumi juga dirasakan di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang beragam, di antaranya Lebak III-IV MMI, Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi III MMI, Jakarta, Depok, Bandung II-III MMI, dan Tangerang Selatan II MMI.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan dari guncangan gempa bumi tersebut.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: