Sukses

Mahfud MD Disorot Media Internasional Akibat Ucapan Istri dan Corona

Liputan6.com, Jakarta - Media Arab, India, hingga Australia, menyorot ucapan Menko Polhukam Mahfud MD terkait corona seperti istri. Saat itu Mahfud sedang silaturahmi online dengan Universitas Sebelas Maret.

"Corona is like your wife. Initially, you try to control it. Then you realize that you can't. Then you learn to live with it," kata Mahfud seraya mempromosikan new normal pada 26 Mei 2020.

Ketika Mahfud membandingkan corona dengan istri, beberapa dosen perempuan UNS juga ikut menonton, ada yang bergelar doktor hingga profesor.

Ucapan Mahfud MD sebetulnya agak ironis, karena pemimpin wanita di dunia sukses mengatasi Virus Corona, seperti PM Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, hingga Kanselir Jerman Angela Merkel. Mereka semua juga merupakan istri.

Mahfud MD pun masuk ke media internasional.

Media Qatar, Gulf Times, menuliskan berita berjudul Indonesian security minister under fire for comparing virus to wives (Menteri keamanan Indonesia dikecam karena membandingkan virus ke istri).

"Menteri keamanan Indonesia telah dikritik tajam akibat membandingkan virus corona baru ke istri ketika berusaha meredam kecemasan publik tentang melonggarkan pembatasan Covid-19," tulis Gulf Times.

Media Turki, Daily Sabah, turut menuliskan bahwa Mahfud MD dikritik karena membandingkan virus corona ke istri. 

Media-media negara Asia Pasifik juga melansir retorika Mahfud MD. Media ABC dari Australia dan NDTV dari India menulis berita terkait ucapan Mahfud MD yang dinilai seksis.

Negara-negara tetangga pun turut membaca retorika Mahfud, seperti yang diberitakan The Straits TimesMalay Mail, dan Yahoo! Philippines.

Artikel-artikel itu melansir dari AFP dan memberitakan bahwa Mahfud memakai retorika "istri"  supaya publik tak cemas terkait pelonggaran pembatasan sosial akibat virus corona.

2 dari 3 halaman

Retorika Mahfud Tentang Istri dan Corona

Sebelumnya dikabarkan Liputan6.com, Menko Polhukam Mahfud MD bercerita soal meme tentangnya dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan. Meme tersebut dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara secara daring untuk acara halal bihalal Idul Fitri Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret.

"You try to control it. Then you realize that you can't. Then you learn to live with it. Corona itu seperti istrimu, ketika engkau mau mengawini, kamu berpikir, kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukan istrimu," kelakar Mahfud.

"Sesudah itu apa? Then you learn to live with it. Kemudian kamu berdamai dengan dia. Ya sudah, sudah begitu," lanjut dia.

Terkait new normal, Mahfud berpandangan, membuat kebiasaan baru karena sesuatu yang tak bisa dihindarim harus dilakukan.

"Kemudian apakah kita mau mengurung diri tidak? Kita menyesuaikan dalam keadaan itu tapi tetap menjaga diri. Seperti Corona ini," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: