Sukses

Kematian karena COVID-19 di AS Lampaui 100.000, Donald Trump Masih Banggakan Diri

Angka kematian akibat Virus Corona di AS mencapai 100.000 dalam waktu kurang dari empat bulan.

Liputan6.com, Washington D.C - AS telah melewati 100.000 kematian akibat pandemi Virus Corona COVID-19 dalam waktu kurang dari empat bulan.

Amerika Serikat telah mengalami kematian paling banyak daripada negara lain, sementara 1,69 juta infeksi yang dikonfirmasi merupakan 30% dari total seluruh dunia. Demikian seperti mengutip BBC, Kamis (28/5/2020). 

Infeksi Virus Corona COVID-19 di AS pertama dilaporkan di negara bagian Washington pada 21 Januari.

Secara global, telah tercatat 5,6 juta orang terinfeksi dan 354.983 kematian sejak virus itu muncul di kota Wuhan di China akhir tahun lalu.

Jumlah korban tewas di AS mencapai 100.276, menurut Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Tetapi berdasarkan per kapita, AS menempati peringkat kesembilan dalam angka kematiannya di belakang negara-negara seperti Belgia, Inggris, Prancis dan Irlandia.

Angka tersebut hampir sama dengan jumlah prajurit Amerika dan wanita yang terbunuh di Korea, Vietnam, Irak dan Afghanistan selama pertempuran yang berlangsung hingga 44 tahun. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kasus

Di Amerika Serikat, negara bagian yang mengalami peningkatan kasus stabil adalah North Carolina, Wisconsin, dan Arkansas.

Sedangkan jumlah kasus masih tetap tinggi di sejumlah wilayah metropolitan, termasuk Chicago, Los Angeles dan pinggiran kota Washington D.C.

Beberapa negara yang terpukul parah mengalami penurunan angka kematian, termasuk New York, di mana 21.000 penduduk telah meninggal dunia.

Selama puncak krisis di pusat kota, jumlah kematian setiap harinya mencapai ratusan. 

3 dari 3 halaman

Trump Masih Banggakan Diri

Presiden Donald Trump bersikeras bahwa tanpa tindakan pemerintahannya, jumlah korban jiwa akan berjumlah 25 kali lebih tinggi, meskipun para kritikus menuduhnya melakukan respons yang lambat.

Gubernur negara bagian juga telah dituduh gagal mengidentifikasi ancaman yang ditimbulkan oleh virus tersebut.

Awalnya, presiden Republik tersebut meremehkan pandemi, bahkan hanya membandingkannya dengan flu musiman. Kembali pada bulan Februari ia mengatakan AS memiliki virus "di bawah kendali" dan pada April itu bisa "secara ajaib pergi".

Dia meramalkan 50.000-60.000 kematian, kemudian 60.000-70.000 dan kemudian "secara substansial di bawah 100.000".

Trump juga berpendapat pada bulan ini bahwa merupakan suatu "tanda kehormatan" bahwa AS memiliki jumlah infeksi terkonfirmasi tertinggi di dunia "karena itu berarti pengujian kami jauh lebih baik".

Sebuah penelitian dari Universitas Columbia di New York menunjukkan sekitar 36.000 lebih sedikit orang akan meninggal jika AS bertindak lebih cepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.