Sukses

Di Balik Hari Tari Internasional yang Dirayakan Setiap 29 April

Perayaan jatuh pada 29 April karena merupakan hari ulang tahun Jean-Georges Noverre (1727-1810), pencipta tari balet modern.

Liputan6.com, Jakarta Komite Tari di International Theatre Institute (ITI) --yang merupakan mitra utama untuk seni pertunjukan UNESCO-- membuat Hari Tari Internasional pada 1982 untuk dirayakan setiap tahun pada 29 April. Perayaan jatuh pada 29 April karena merupakan hari ulang tahun Jean-Georges Noverre (1727-1810), pencipta tari balet modern.

Maksud dari Pesan Hari Tari Internasional adalah untuk merayakan tarian, bersenang-senang dalam universalitas bentuk seni ini, melintasi semua hambatan politik, budaya dan etnis, dan menyatukan orang-orang dengan tarian bahasa bersama.

Setiap tahun pesan dari koreografer atau penari luar biasa beredar di seluruh dunia. Penulis pesan dipilih oleh Komite Dansa Internasional ITI dan Dewan Eksekutif ITI.

Pesan ini diterjemahkan ke berbagai bahasa dan diedarkan secara global, seperti yang dikutip dari International Dance Day. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirayakan Secara Online

India diketahui sebagai salah satu negara yang paling suka menari. Karena adanya COVID-19 saat ini, komunitas India di Liverpool merayakan Hari Tari Internasional ini secara online seperti yang dikutip dari The Guide Liverpool. 

Di-host di halaman Sahapedia dan Milap Facebook selama dua hari, acara-acara ini akan menampilkan berbagai macam pembicaraan, presentasi mini dan sesi partisipatif. Mereka akan menjelajahi kostum dan make-up, menemukan pengaruh seni bela diri pada tarian, dan mengeksplorasi tarian rakyat India tradisional, selain melakukan perjalanan melalui bentuk-bentuk tarian klasik yang sangat dicintai di India.

 

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.