Sukses

Pertama di Eropa, Inggris Mulai Lakukan Uji Coba Vaksin Virus Corona COVID-19 pada Manusia

Percobaan vaksin Virus Corona pada manusia telah dimulai di Inggris.

Liputan6.com, London - Uji coba vaksin Virus Corona COVID-19 pada manusia pertama di Eropa telah dimulai di Oxford. Dua sukarelawan disuntik, menjadi yang pertama dari lebih dari 800 orang yang direkrut untuk penelitian tersebut. 

Menurut laporan BBC, Jumat (24/4/2020), setengahnya akan menerima vaksin COVID-19, sedangkan separuhnya lagi menerima vaksin kontrol yang melindungi dari meningitis tetapi bukan Virus Corona baru.

Rancangan uji coba ini berarti sukarelawan tidak akan tahu vaksin mana yang mereka dapatkan, meskipun dokter akan melakukannya.

Elisa Granato, salah satu dari dua yang menerima vaksin tersebut, mengatakan kepada BBC: "Saya seorang ilmuwan, jadi saya ingin mencoba untuk mendukung proses ilmiah di mana pun saya bisa."

Vaksin ini dikembangkan dalam waktu kurang dari tiga bulan oleh sebuah tim di Universitas Oxford. Sarah Gilbert, profesor vaksinologi di Jenner Institute lah yang memimpin penelitian pra-klinis.

"Secara pribadi saya memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap vaksin ini," katanya.

"Tentu saja, kita harus mengujinya dan mendapatkan data dari manusia. Kita harus menunjukkan itu benar-benar bekerja dan menghentikan orang yang terinfeksi virus corona sebelum menggunakan vaksin pada populasi yang lebih luas."

Prof Gilbert sebelumnya mengatakan dia "80% percaya diri" vaksin akan bekerja, tetapi sekarang lebih suka untuk tidak menempatkan angka di atasnya, mengatakan hanya dia "sangat optimis" tentang peluangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja Vaksin

Vaksin ini dibuat dari versi lemah dari virus flu biasa (dikenal sebagai adenovirus) dari simpanse yang telah dimodifikasi sehingga tidak dapat tumbuh pada manusia.

Tim Oxford telah mengembangkan vaksin untuk melawan Mers, jenis lain dari coronavirus, menggunakan pendekatan yang sama - dan yang menjanjikan hasil dalam uji klinis.

Satu-satunya cara tim akan mengetahui apakah vaksin COVID-19 bekerja adalah dengan membandingkan jumlah orang yang terinfeksi virus corona dalam beberapa bulan ke depan dari dua kelompok percobaan.

Itu bisa menjadi masalah jika kasus jatuh dengan cepat di Inggris, karena mungkin tidak ada cukup data.

Profesor Andrew Pollard, direktur Kelompok Vaksin Oxford, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Kami mengejar akhir dari gelombang epidemi saat ini. Jika kami tidak menangkapnya, kami tidak akan dapat memastikan apakah vaksin bekerja dalam beberapa bulan ke depan. Tetapi kami memperkirakan bahwa akan ada lebih banyak kasus di masa depan karena virus ini belum hilang. "

Para peneliti vaksin memprioritaskan rekrutmen petugas layanan kesehatan lokal ke dalam percobaan karena mereka lebih mungkin terkena virus daripada yang lain.

Uji coba yang lebih besar, dari sekitar 5.000 sukarelawan, akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang dan tidak memiliki batasan usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.