Sukses

Iran Luncurkan Alat Pendeteksi Virus Corona Jarak Jauh Tanpa Tes Darah dan Swab

Perangkat ini dapat mendeteksi individu yang terinfeksi Virus Corona COVID-19 serta area yang terkontaminasi dalam jarak 100 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Virus Corona COVID-19 di Iran, hingga Kamis (16/4/2020) sebanyak 76.389, dengan kematian 4.777 jiwa dan 49.933 pasien pulih. Sejumlah upaya dilakukan Iran untuk meredam pandemi COVID-19, salah satunya membuat alat untuk mendeteksi Virus Corona jenis baru. 

Seperti yang dilakukan Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC). Mereka meluncurkan perangkat baru untuk ditanam di rumah yang mampu mendeteksi individu yang terinfeksi Virus Corona jenis baru dari jarak jauh dan tanpa tes darah dan swab, seperti dilaporkan kantor berita semi-resmi Tasnim.

"Perangkat ini mampu mendeteksi setiap kasus infeksi Virus Corona dalam radius 100 meter dengan menciptakan medan magnet dan menggunakan virus bipolar di dalam perangkat," kata kepala IRGC Hossein Salami, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (16/4/2020).

"Ketika antena perangkat diarahkan ke lokasi tertentu, itu akan mendeteksi tempat yang terkontaminasi dalam waktu lima detik," tambahnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Akurasi 80 Persen

Ia mengungkap, perangkat ini telah diuji di berbagai rumah sakit dan memiliki tingkat akurasi 80 persen. Perangkat ini dikembangkan anggota Basij, kelompok paramiliter IRGC.

"Perangkat ini bisa menjadi dasar yang baik untuk mendeteksi bukan hanya Virus Corona, tetapi juga virus apa pun," ujar Salami.

Di negara lain, metode pengujian yang diterima biasanya usap hidung yang mengumpulkan sel-sel dari dalam hidung pasien. Sampel kemudian diuji di laboratorium di mana ditentukan jika pasien memiliki Virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.