Sukses

Ratu Elizabeth II Kobarkan Semangat Perang Dunia Melawan Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II berbicara kepada seluruh rakyat Inggris untuk memberi semangat dalam melawan Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19. Dalam pidatonya, sang ratu mengobarkan semangat Perang Dunia II.

Dalam kesempatan tersebut, Ratu Elizabeth II turut menyampaikan apresiasi kepada orang-orang yang patuh terhadap instruksi pemerintah untuk di rumah saja, serta memuji orang-orang yang saling membantu.

"Pada saat ini, kita bergabung dengan negara-negara di seluruh dunia dalam sebuah usaha bersama dengan menggunakan kemajuan sains dan insting belas kasih kita untuk mengobati, kita akan sukses, dan kesuksesan ini akan dimiliki semua dari kita," ujar Ratu Elizabeth II seperti dikutip BBC, Senin (6/4/2020).

Total kematian Virus Corona jenis baru di Inggris Raya telah hampir menyentuh 5.000 orang. PM Inggris Boris Johnson juga sudah dinyatakan positif terinfeksi Virus SARS-CoV-2.

Ratu Elizabeth II pun membagikan semangat Perang Dunia demi menginspirasi rakyat Inggris dalam bentuk lirik. Ia mengutip lirik "We'll Meet Again" karya Vera Lynn yang menjadi lagu harapan semasa Perang Dunia II.

"Kita dapat bersenang hati karena meski kita masih tetap harus tabah, hari-hari yang lebih baik akan kembali: kita akan bersama sahabat-sahabat kita lagi; kita akan bersama keluarga kita lagi; kita akan berjumpa lagi," ujar Ratu Elizabeth II.

Sang ratu berkata bisa memahami kesedihan warga Inggris yang sedang terkena lockdown sehingga tak bisa mengunjungi keluarga mereka. Hal ini dinilai Ratu Elizabeth II mirip pengalaman saat Perang Dunia II dulu.

Meski demikian, Ratu Elizabeth II berkata bahwa kebijakan lockdown ini adalah langkah yang benar.

Pidato Virus Corona sang ratu mendapat sambutan positif dari Kementerian Kesehatan Inggris, kalangan dokter, serta pemimpin partai oposisi Inggris.

Video pidato itu disiarkan di Inggris pada Minggu malam 5 April pada waktu setempat. Ratu Elizabeth II saat ini tidak di London, melainkan berada di Kastil Windsor bersama suaminya, Philip.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pangeran Charles Pulih dari Virus Corona

Sebelumnya, Pangeran Charles dari Wales mengakhiri masa isolasi diri setelah dinyatakan terkena Virus Corona (COVID-19). Ia menghabiskan seminggu karena memiliki gejala-gejala ringan.

Dilaporkan BBC, keluarga kerajaan Inggris mengkonfirmasi bahwa Pangeran Charles dalam keadaan sehat. Pangeran Charles mengisolasi diri di Balmoral, Skotlandia. Kini, ia sudah pulih. 

"Clarence House mengkonfirmasi hari ini bahwa sesudah berkonsultasi dengan dokter, Pangeran Wales kini keluar dari isolasi diri," kata seorang juru bicara.

Clarence House adalah tempat tinggal resmi dari Pangeran Charles dan istrinya di Westminster, London.

Kebijakan pemerintah Inggris menyuruh orang yang mengalami gejala Virus Corona untuk mengisolasi diri selama satu minggu, sementara orang yang satu rumah harus isolasi selama dua minggu.

Pangeran Charles berada di Balmoral bersama istrinya, Duchess Camilla Parker-Bowles, Duchess of Cornwall. Camilla negatif Virus Corona jenis baru itu namun tetap mengisolasi diri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: