Sukses

Singapura Luncurkan Tes Online untuk Bantu Warga Deteksi Dini Corona COVID-19

Pemerintah Singapura telah meluncurkan website di mana masyarakat dapat memulai melakukan deteksi dini terhadap gejala penyakit Corona COVID-19.

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Singapura telah meluncurkan alat screening test secara online agar masyarakat dapat menjalankan pemeriksaan diri cepat dan mendapatkan saran dasar. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami gejala tertentu dan menduga dirinya mungkin sudah terinfeksi Virus Corona COVID-19. 

Diluncurkan pada Jumat (3/4/2020) oleh Sistem Kesehatan Universitas Nasional (NUHS), Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) dan Departemen Kesehatan untuk Transformasi Kesehatan (MOHT), COVID-19 Symptom Checker bertujuan untuk membantu orang menavigasi sistem perawatan kesehatan dan mendapatkan kejelasan tentang apa yang harus dilakukan jika mereka merasa tidak sehat. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia. 

Mereka yang memiliki gejala mirip flu kini dapat mengunjungi  www.sgcovidcheck.com di mana mereka dapat menjawab serangkaian pertanyaan untuk menentukan apakah mereka harus memantau gejala mereka selama beberapa hari lagi atau pergi ke dokter, serta informasi tentang ke mana harus pergi untuk mendapat perhatian medis.

Alat ini akan menyarankan opsi perawatan berdasarkan usia orang tersebut, riwayat perjalanan baru-baru ini, orang-orang yang mungkin terpapar dengan mereka dan gejalanya. 

"Pengguna menerima saran langsung tentang kemungkinan langkah selanjutnya, apakah itu terus memantau gejala mereka atau mencari perhatian medis di pengaturan perawatan kesehatan yang sesuai," kata pihak berwenang dalam rilis media bersama. 

"Meskipun alat ini tidak mengeluarkan saran medis, alat ini membantu menavigasi sistem perawatan kesehatan."

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negara Lain Juga Luncurkan Hal Serupa

Pemeriksa mengikuti opsi penyaringan online serupa juga diluncurkan di Amerika Serikat, China, dan beberapa negara di Eropa, menyesuaikan informasi dengan konteks Singapura. 

Situs ini tidak mengumpulkan data yang dapat diidentifikasi secara pribadi, menurut pihak berwenang. Pengidentifikasi pasien tidak digunakan dalam pemeriksa gejala, tetapi data yang dikumpulkan memberikan gambaran tentang berbagai jenis pasien yang khawatir tentang COVID-19 dan yang menggunakan situs.

"Ini menghasilkan wawasan tentang prediktor penting perilaku pencarian kesehatan dan mendorong alokasi sumber daya kesehatan yang lebih baik," kata pihak berwenang dalam lembar fakta tentang alat tersebut. 

"Ini juga memberikan wawasan tentang di mana kebutuhan dan apa yang paling diperhatikan orang, yang membantu Departemen Kesehatan dalam upaya pendidikan dan komunikasi pasien."

Alat ini dikembangkan setelah statistik dari Kementerian Kesehatan (Depkes) menunjukkan 24 persen pasien COVID-19 di Singapura telah berkonsultasi dengan banyak dokter hanya dalam waktu singkat.

Tim dari NCID, NUHS, dan National University of Singapore memberikan saran klinis untuk platform tersebut. 

Kegunaannya kemudian divalidasi oleh tim yang dipimpin oleh Dr Franco Wong, kepala Jurong Polyclinic.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Pelacak Kontak

Ada rencana untuk memperluas cakupan pemeriksa untuk memasukkan lebih banyak fitur seperti pra-pendaftaran untuk konsultasi di klinik atau akses ke penyedia layanan kesehatan, menurut informasi dari rilis tersebut.

Fitur terencana lainnya termasuk informasi tentang waktu tunggu di unit gawat darurat, yang secara langsung menghubungkan mereka yang membutuhkan tes ke fasilitas kesehatan yang sesuai dan peta pada kluster infeksi COVID-19.

Informasi tentang bagaimana orang menggunakan alat ini juga dapat digunakan untuk melacak perilaku virus, kata Dr Praveen Deorani, seorang ilmuwan data di MOHT.

"Dengan lebih banyak orang menggunakan alat pemeriksa, dan dengan analisis kami selanjutnya tentang bagaimana itu digunakan, kami kemudian dapat menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk melacak perilaku virus (dan gejala yang ditampakkannya) sehingga pasien dapat memilih lokus yang tepat dan perawatan pada waktu yang tepat, "katanya.

Singapura telah datang dengan berbagai solusi berbasis teknologi untuk memerangi pandemi.

Bulan lalu, pihak berwenang meluncurkan aplikasi seluler bernama TraceTogether yang berupaya meningkatkan proses pelacakan kontak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.