Sukses

Kematian Akibat Corona COVID-19 Tembus 2.500, Italia Kerahkan Dokter Muda

Para dokter muda yang baru menyelesaikan studinya diminta oleh pemerintah untuk ikut serta dalam menangani pasien Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Roma - Pemerintah Italia akan melibatkan 10.000 mahasiswa kedokteran untuk ikut melayani pasien Virus Corona COVID-19. Mereka terpaksa membatalkan ujian akhir mereka, dalam upaya untuk membantu pelayanan kesehatan yang berjuang mengatasi virus yang telah merenggut 345 nyawa lagi.

Menteri pendidikan yang menangani University and Research, Gaetano Manfredi, mengatakan pemerintah akan membiarkan lulusan kedokteran tahun ini mulai bekerja sekitar delapan atau sembilan bulan lebih cepat dari jadwal dan mengesampingkan ujian wajib yang biasanya mereka lakukan sebelum kualifikasi.

"Ini berarti segera melepaskan ke dalam Sistem Kesehatan Nasional energi sekitar 10.000 dokter, yang merupakan dasar untuk mengatasi kekurangan yang diderita negara kita," katanya dalam sebuah pernyataan.

Lulusan kedokteran akan dikirim untuk bekerja di klinik dokter umum dan di rumah perawatan lansia. Dengan ini, dokter yang lebih berpengalaman yang akan dikirim ke rumah sakit yang memiliki lebih banyak pasien. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (18/3/2020). 

Badan Perlindungan Sipil melaporkan bahwa korban tewas naik menjadi 2.503 selama 24 jam terakhir, sementara jumlah total kasus yang dikonfirmasi meningkat menjadi 31.506 dari sebelumnya 27.980. Angka ini merupakan yang terbesar di luar China.

Krisis ini telah mendorong rumah sakit ke titik puncak di pusat penyebaran, tepatnya di Italia utara dan membuat daerah lain ikut berjuang untuk memperkuat sistem kesehatan mereka sendiri ketika jumlah yang terinfeksi meningkat di seluruh negeri.

"Lombardy berada di titik kehancuran. Semua tempat perawatan intensif dan respirator sedang digunakan," kata Matteo Salvini, kepala partai Liga yang memerintah wilayah itu.

Pandemi Corona sejauh ini melaporkan jumlah korban yang relatif ringan di kota-kota utama Italia, tetapi sekarang ada 964 kasus yang dikonfirmasi di ibu kota dengan penduduk yang jumlahnya 1,4 juta.

Perkembangan yang berpotensi berbahaya adalah meningkatnya kasus di Provinsi Milan, naik 343 dalam 24 jam terakhir menjadi 2.326. Kenaikan 17 persen dibandingkan dengan peningkatan yang jauh lebih kecil dari 11 persen di Lombardy secara keseluruhan.

Kepala kesehatan Lombardy mengatakan bahwa sangat penting bagi orang-orang Milan untuk secara ketat mengamati semua pembatasan pada gerakan yang ditetapkan oleh pemerintah "untuk mencegah penularan tumbuh lebih kuat di daerah yang sangat padat seperti Milan".

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangnya Fasilitas Kesehatan

Selama tiga minggu, 1.135 orang membutuhkan perawatan intensif di Lombardy, wilayah utara yang paling terpukul. Wilayah ini hanya memiliki 800 tempat perawatan intensif, menurut Giacomo Grasselli, kepala unit perawatan intensif di rumah sakit Policlinico Milan.

Pihak berwenang telah bekerja untuk menyiapkan ratusan tempat perawatan intensif di fasilitas yang dibuat khusus di pusat pameran Fiera Milano, tetapi masih menunggu respirator dan personel yang berkualitas.

Mantan perdana menteri Silvio Berlusconi mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan menyumbangkan 10 juta euro (US $ 11 juta) untuk membantu melengkapi pusat baru itu, bergabung dengan daftar orang kaya Italia yang kaya yang menawarkan dana.

Sebagai upaya meningkatkan pemetaan penyebaran penyakit, kepala wilayah Veneto utara mengumumkan bahwa ia akan meningkatkan jumlah tes yang dilakukan setiap hari menjadi sekitar 11.300 dari 3.000 saat ini.

"Bahkan jika kita hanya menemukan satu kasus positif, itu berarti kita akan memiliki 10 infeksi lebih sedikit," kata Luca Zaia. "Aku benar-benar tidak peduli dengan anggaran. Itu kurang penting daripada kehidupan warga kita."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.