Sukses

Virus Corona Picu Arab Saudi Batalkan Perjalanan Internasional, Nasib Jemaah Haji?

Sekitar 12 juta muslim di seluruh dunia melakukan ziarah ke Makkah setiap tahun terdampak penutupan akses akibat pencegahan penyebaran lebih lanjut Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi membatalkan semua perjalanan internasional ke negara itu karena Virus Corona. Hal itu memengaruhi umat Islam di seluruh dunia yang berencana naik haji ke kota suci Makkah, seperti dikutip dari npr.org, Senin (9/3/2020).

Mengutip capradio.org, Arab Saudi menghentikan semua perjalanan internasional ke negara itu karena kekhawatiran atas penyebaran Virus Corona, yang berarti bahwa akses ke situs-situs suci Muslim di Makkah dan Madinah dibatasi.

Sekitar 12 juta muslim di seluruh dunia melakukan ziarah ke Makkah setiap tahun dan bagi muslim di Amerika Serikat, pembatasan perjalanan berarti pembatalan perjalanan yang sangat penting bagi keyakinan mereka.

Menurut Al-Qu'ran, semua muslim seharusnya berpartisipasi dalam perjalanan ke Makkah setidaknya sekali seumur hidup mereka di akhir tahun kalender Islam, yang disebut haji. Sementara lainnya menjalankan umrah, ziarah yang dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun.

"Perjalanan umrah adalah perjalanan yang sangat spiritual, haji juga. Cara kita membicarakannya adalah 'Saya diundang ke rumah Allah,' atau 'Saya tidak diundang tahun ini'," kata Kamran Islam, seorang imam di Institut Tarbiya di Sacramento.

"Dan tahun-tahun di mana kamu merasa seperti ingin berangkat tetapi tidak bisa, benar-benar memberatkan dan menghancurkan secara spiritual," ucap Kamran.

Imam Kamran Islam mengatakan dia menasihati anggota masjidnya untuk membatalkan rencana haji tahun ini, sebuah diskusi yang katanya sulit tetapi perlu.

"Ada kasus bersejarah dalam sejarah muslim di mana umrah atau bahkan haji telah ditunda atau ditunda karena alasan kesehatan masyarakat, karena kebutuhan untuk memastikan orang tidak dirugikan oleh perjalanan atau mereka tidak sakit," kata Kamran.

"Dari sini, kami mencoba memberi tahu masyarakat bahwa tidak apa-apa tak pergi kali ini atau menundanya, tapi seperti yang saya katakan, ada hubungan spiritual dan hubungan emosional yang harus dilalui orang dan pergi saat ini dan merasa seperti ini akan menjadi tahun mereka. "

Adel Sayed dari Los Angeles telah merencanakan ibadah bulan Maret, tetapi perjalanannya dibatalkan karena larangan bepergian yang kini diterapkan.

"Saya merencanakan perjalanan ini kembali pada Oktober tahun lalu tahun 2019, dan saya datang untuk mencari tahu, setelah semua hal yang terjadi, bahwa itu harus dibatalkan," kata Sayed.

Sayed turut prihatin dengan pembatasan perjalanan yang diperpanjang hingga Juli, ketika jumlah tertinggi Muslim melakukan perjalanan ke Makkah untuk naik haji. Meski masih belum jelas bagaimana Corona mempengaruhi masa itu.

"Orang-orang menabung seluruh hidup mereka untuk ibadah haji, paket rata-rata adalah sekitar $10.000 hingga $12.000 per orang," kata Sayed. "Agar orang mengubah rencana yang telah direncanakan secara harfiah bertahun-tahun sebelumnya, seringkali seumur hidup sebelumnya untuk menemukan waktu yang tepat, ada banyak yang dipertaruhkan."

Secara historis, penyebaran penyakit seperti kolera, meningitis, atau lebih baru-baru ini, MERS diperburuk oleh orang-orang yang mengunjungi Makkah untuk berhaji, karena tingginya jumlah orang dari berbagai negara yang berhubungan dekat satu sama lain, tetapi situs suci tersebut tidak pernah sepenuhnya ditutup untuk haji.

Sementara itu, mengutip akun Twitter Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, disebutkan bahwa negara kerajaan itu juga menangguhkan perjalanan ke sembilan negara untuk warga dan penduduknya di tengah kekhawatiran akibat Virus Corona. Menangguhkan masuknya orang-orang dari negara-negara itu atau siapa saja yang telah berada di sana dalam 14 hari terakhir, kantor berita negara melaporkan Senin, 9 Maret pagi.

Kesembilan negara tersebut adalah Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Lebanon, Suriah, Korea Selatan, Mesir, Italia, dan Irak).

Sumber itu mengatakan bahwa semua penerbangan dan perjalanan laut antara Arab Saudi dan negara-negara itu juga akan ditangguhkan. Kendati demikian tidak termasuk evakuasi dan perjalanan dagang.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isolasi Qatif

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan lockdown di Qatif, yang memiliki populasi Muslim Syiah besar, setelah Arab Saudi mengkonfirmasi empat kasus terbaru. Diperkirakan tidak akan berdampak pada produksi minyak Saudi, dua sumber industri mengatakan.

Tetapi keputusan itu dapat membangkitkan kebencian di Qatif, yang telah menjadi titik nyala antara pemerintah Saudi yang didominasi Sunni dan kaum minoritas Syiah yang mengeluhkan diskriminasi dan marginalisasi, tuduhan yang dibantah pemerintah.

"Pekerjaan di semua lembaga publik dan swasta dihentikan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran penyakit," kata kementerian dalam negeri dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa hanya layanan vital seperti keamanan dan penyediaan akan jadi pengecualian.

Kementerian tersebut mengatakan pembatasan Qatif pada pergerakan akan memungkinkan penduduk untuk kembali ke rumah dan pasokan komersial untuk melanjutkan.

Blok semen ditempatkan di jalan utama ke Qatif, kata seorang warga provinsi, sementara yang lain melaporkan terburu-buru ke toko-toko kelontong setelah isolasi dimulai.

Pihak berwenang Saudi sebelumnya mengatakan mereka yang terinfeksi telah mengunjungi Iran atau Irak atau melakukan kontak dengan orang-orang yang mengunjungi negara-negara itu, rumah bagi situs-situs suci Syiah.

Isolasi di Qatif juga dapat meningkatkan ketegangan antara Arab Saudi dan Iran, saingan dalam perjuangan regional untuk pengaruh. Riyadh mengecam Teheran pada hari Kamis karena memberikan warga negara Saudi masuk selama wabah.

Dari antara kasus yang dilaporkan per Senin, pendatang dari Amerika telah dipindahkan ke rumah sakit di Riyadh. Sisanya melibatkan warga negara Saudi yang melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi di Qatif, dan dua wanita Bahrain yang berasal dari Irak.

 

3 dari 3 halaman

Penutupan Tempat Hiburan

Otoritas hiburan Saudi kemudian mengumumkan pada hari Senin penutupan tempat wisata Riyadh Boulevard dan Winter Wonderland, terkait Virus Corona.

Arab Saudi, yang menunda perjalanan dengan sembilan negara pada hari Senin, telah melarang perjalanan ke Iran, yang memiliki 194 kematian akibat Virus Corona.

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan orang-orang yang baru didiagnosis, tiga di antaranya adalah wanita, telah melakukan kontak dengan seseorang dengan virus yang dilaporkan telah kembali dari Iran melalui Uni Emirat Arab tetapi tidak mengungkapkan kunjungannya ke pihak berwenang.

Tindakan pencegahan hari Minggu termasuk menangguhkan semua kegiatan pendidikan dan kajian Al Qur'an di masjid-masjid di Arab Saudi, tempat kelahiran Islam.

Semua sekolah dan universitas negeri dan swasta juga ditangguhkan per Senin, 9 Maret sampai pemberitahuan lebih lanjut, media pemerintah mengatakan, menambahkan bahwa langkah-langkah pembelajaran jarak jauh akan diadopsi.

Awal Olimpiade Arab Saudi 23 Maret, yang disebut sebagai acara olahraga terbesar di negara itu, juga ditunda, kata TV Al Arabiya.

Sebelumnya pada Minggu, 8 Maret, pemerintah Saudi membatasi penyeberangan darat dengan Bahrain, Kuwait dan UEA untuk truk komersial dengan kedatangan penumpang terbatas pada tiga bandara.

Qatar, dengan 15 kasus, akan melarang sementara pelancong dari 14 negara mulai Senin.

Bahrain, dengan 85 infeksi, mengatakan Grand Prix Formula Satu akan berlangsung bulan ini tanpa penonton.

Kuwait melaporkan dua infeksi lagi pada hari Minggu, menjadikan totalnya menjadi 64, dan bank sentralnya mengumumkan penggelontoran dana 10 juta dinar ($33 ​​juta) untuk memerangi Virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.